Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DAMPAK PROGRAM KELUARGA HARAPAN TERHADAP MASYARAKAT SANGAT MISKIN DAN MISKIN DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Kelurahan Kubu Marapalam Kecamatan Padang Timur Kota Padang Sumatera Barat)

FACHRI GANDHI MUHAMMAD, 11325101390 (2019) DAMPAK PROGRAM KELUARGA HARAPAN TERHADAP MASYARAKAT SANGAT MISKIN DAN MISKIN DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Kelurahan Kubu Marapalam Kecamatan Padang Timur Kota Padang Sumatera Barat). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
COVER-LAMPIRAN KECUALI BAB IV.pdf - Published Version

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Fachri Gandhi Muhammad (2019): Dampak Program Keluarga Harapan Terhadap Keluarga Sangat Miskin dan miskin Ditinjau Dari Ekonomi Islam( Studi Kasus di Kelurahan Kubu Marapalam Kec. Padang Timur Kota Padang Sumatera Barat) Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis melihat adanya perubahan yang terjadi pada ekonomi masyarakat yang menggunakan dana bantuan Program Keluarga Harapan. Dimana pendapatan masyarakat meningkat sehingga mereka dapat membiayai pendidikan, kesehatan dan biaya kebutuhan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana dampak Program Keluarga Harapan terhadap keluarga sangat miskin di Kelurahan Kubu Marapalam Kecamatan Padang Timur Kota Padang Sumatera Barat dan Bagaimana tinjauan ekonomi islam tentang Program Keluarga Harapan terhadap keluarga sangat miskin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Kelurahan Kubu Marapalam Kecamatan Padang Timur Kota Padang Sumatera Barat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 92 orang yang merupakan peserta Program Keluarga Harapan. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah dengan kriteria penerima bantuan untuk pendidikan dan kesehatan sebanyak 17 orang. Pengambilan sampel dengan menetapkan kriteria disebut dengan purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dampak Program Keluarga Harapan di Kelurahan Kubu Marapalam Kecamatan Padang Timur Kota Padang Sumatera Barat meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga mereka dapat membiayai pendidikan, kesehatan dan biaya kebutuhan sehari-hari. Menurut tinjauan ekonomi islam, dampak Program Keluarga Harapan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di Kelurahan Kubu Marapalam Kecamtan Padang Timur Kota Padang Sumatera Barat sudah sesuai dengan ekonomi islam karena salah satu bentuk tanggung jawab pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan Program Keluarga Harapan juga salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yaitu meningkatkan tingkat kesehatan dan meningkatkan taraf pendidikan yang merupakan tujuan prioritas program tersebut dan tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Dec 2019 05:02
Last Modified: 11 Dec 2019 05:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23221

Actions (login required)

View Item View Item