Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Produktivitas Usaha Budidaya Walet dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha di Desa Simalinyang Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar Ditinjau Menurut Ekonomi Islam.

Lastri Ikmilta, 11525204293 (2019) Produktivitas Usaha Budidaya Walet dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha di Desa Simalinyang Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Lastri Ikmilta, (2019): Produktivitas Usaha Budidaya Walet dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha di Desa Simalinyang Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Burung walet merupakan burung penghasil sarang yang cukup harganya sangat mahal. Sarang itu terbentuk dari airliur burung walet yang sangat mempunyai harga cukup mahal yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Simalinyang Kabupaten Kampar. Latar belakang penulis mengambil judul ini yaitu, bagaimana usaha produktivitas usaha budidaya walet dalam meningkatkan pendapatan usaha artinya dengan adanya burung walet yang cukup mahal maka dapat meningkatkan pendapatan usaha di Desa Simalinyang. dikarenakan atas pertimbangan dimana Usaha Budidaya Walet ini dibangun dikalangan masyarakat. Nilai ekonomis yang tinggi membuat orang berusaha untuk meningkatkan lagi hasil budidaya sarang burung walet ini. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti dengan bagaimana produktivitas usaha budidaya walet dalam meningkatkan pendapatan usaha, serta bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap produktivitas usaha budidaya walet dalam meningkatkan pendapatan usaha. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Simalinyang Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini adalah 10 pemilik Budidaya Walet maka penulis memakai teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan library research (study pustaka) dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu mengumpulkan data, kemudian menyusun, menjelaskan dan menganalisanya. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat di simpulkan bahwa Produktivitas Usaha Desa Simalinyang Kabupaten Kampar memilih usaha budidaya burung walet sebagai mata pencarian mereka dikarenakan pendapatan yang mereka peroleh dari hasil usaha itu cukup tinggi. Apalagi usaha ini berpotensi meningkatkan pendapatan daerah melalui penerimaan pajak sarang burung walet tersebut. Sedangkan Tinjauan Ekonomi Islam adalah usaha budidaya walet telah sesuai dengan harapan masyarakat tersebut maka dalam mengelola usaha budidaya walet yang di sesuaikan dengan syari’at Islam dalam hal untuk menghindari unsur gharar, maisir, dan riba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Dec 2019 06:51
Last Modified: 11 Dec 2019 06:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23219

Actions (login required)

View Item View Item