AKHLAK SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU

Yuli Yuliana, (2011) AKHLAK SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011547.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama Islam sangat penting untuk diikuti oleh siswa karena salah satu tujuan pendidikan agama Islam di sekolah adalah untuk membentuk anak didik menjadi hamba Allah yang memiliki akhlak mulia. Sehubungan dengan telah diberikannya pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama, maka sudah seharusnya akhlak siswa tersebut menunjukkan akhlak yang baik, sebab pengajaran pendidikan agama Islam memberikan tuntutan kepada siswa agar berakhlak mulia terhadap orang tua, guru, teman dan kepada semua orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akhlak siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 23 Pekanbaru dan faktor faktor apa saja yang mempengaruhi akhlak siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 23 Pekanbaru kelas VIII yang berjumlah 278 orang yang terdiri dari tujuh lokal. Dalam penelitian ini penulis mengadakan penarikan sampel sebesar 15 % dari jumlah populasi yakni 40 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan tehnik propotional random sampling. Untuk mengumpulkan data tentang akhlak siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 23 Pekabaru penulis menggunakan tekhik pengumpulan data berupa observasi sedangkan data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi akhlak siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 23 Pekabaru penulis menggunakan tekhnik pengumpulan data angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan presentase. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa akhlak siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 23 Pekanbaru dikategorikan baik. Hal ini dapat diketahui dengan hasil observasi yang menunjukan hasil akhir yaitu 75, 25 % yang terletak diantara 61-80% berarti baik. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi akhlak siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 23 Pekanbaru adalah faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa dan Faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa yang terlihat dari didikan orang tua dalam lingkungan keluarga, Guru memberi contoh akhlak yang mulia, Teman sebaya selalu mengajak dalam perilaku baik dan Lingkungan tempat tinggal siswa yang mencerminkan akhlak yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 07:20
Last Modified: 01 Feb 2016 07:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2320

Actions (login required)

View Item View Item