Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Etika Bisnis terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah (Studi Kasus: Sales Promotion pada Samsung Experience Store Mall Pekanbaru)

Femila Putri, - (2019) Implementasi Etika Bisnis terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah (Studi Kasus: Sales Promotion pada Samsung Experience Store Mall Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
13.BAB IV BENAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
GABUNGANKECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Femila Putri (2019): Implementasi Etika Bisnis terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah (Studi Kasus: Sales Promotion pada Samsung Experience Store Mall Pekanbaru). Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis tentang implementasi etika bisnis sales promotion terhadap kepuasan konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana implementasi etika bisnis oleh sales promotion pada Samsung Experience Store Mall Pekanbaru. Bagaimana kepuasan kosumen terhadap etika bisnis sales promotion pada Samsung experience store mall pekanbaru. Bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap implementasi etika bisnis terhadap kepuasan konsumen ditinjau menurut ekonomi syariah pada sales promotion Samsung experience store mall pekanbaru. Penelitian ini bersifat lapangan, maka dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sebagai data primer adalah data yang secara langsung diperoleh dari responden, yaitu pembeli atau konsumen di Samsung Experience Store Mall Pekanbaru, sedangkan data sekunder adalah berupa data yang diambil dari beberapa buku buku yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti. Yang menjadi populasi pada penelitian ini berjumlah 4 orang sales promotion dan tidak diketahui jumlahnya dari pihak pembeli dengan menggunakan metode prosedur sampling. Dalam penelitian ini terdapat 6 item pertanyaan. Jadi jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 24 sampel (6 item pertanyaan x 4) dan dalam penelitian ini peneliti hanya mengambil 4 orang sales promotion. Jadi total dari semua sampelnya ialah 28 orang. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa deskriptif kualitatif yaitu analisa data yang bersifat penjelasan dari data data dan informasi yang berkaitan dengan teori dan konsep-konsep yang mendukung pembahasan, dimana pembahasan ini menggunakan metode kualitatif yang digambarkan dengan kata kata atau kalimat untuk memperoleh kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, Implentasi etika bisnis oleh sales promotion pada Samsung Experience Store melakukan etka bisnis dengan nilai-nilai etika bisnis yaitu kejujuran, keadilan, rendah hati, simpatik dan kecerdasan. Dengan menggunakan nilai-nilai etika bisnis tersebut terlihatnya pengaruh terhadap kepuasan kosumen.Kepuasan konsumen terhadap etika bisnis sales promotin yang diperoleh dari kriteria mengukur kepuasan konsumen, yaitu kesetiaan, keluhan (komplain) dan partisipasi, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan sales prootion Samsung Experience Store sudah menerapkan etika bisnis yang baik. Pada umumnya konsumen merasa puas dengan etika bisnis sales promotin meskipun ada sebagian konsumen yang mengalami keluhan dan merasa pelayanan sales belum sesuai dengan etika bisnis.Berdasarkan tinjauan ekonomi syariah implementasi etika bisnis sangat erat hubungannya dengan islam. Landasan mengenai etika bisnis banyak terkandung didalam Al-Quran dan Hadist. Apabila etika bisnis yang dijalankan sesuai dengan konsep etika binis islam yaitu sidiq, fathanah, tabliq, amanah maka akan meningkatkan kepercayaan, keuntungan, dan kepuasan bagi pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Dec 2019 07:18
Last Modified: 10 Dec 2019 07:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23195

Actions (login required)

View Item View Item