PENERAPAN METODE QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI CERITA KISAH NABI PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 018 PAGARUYUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Neli Yanti Murni, (2011) PENERAPAN METODE QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI CERITA KISAH NABI PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 018 PAGARUYUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011533.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam, khususnya pada materi cerita kisah nabi. Adapun gelaja-gejala yang ditemui di lapangan adalah (1) adanya sebahagian siswa yang bermain ketika proses belajar sedang berlangsung.(2) adanya sebahagian siswa yang kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.(3) masih ada sebagian siswa yang melamun ketika proses pembelajaran berlangsung.(4) masih ada siswa yang menganggu teman dalam proses pembelajaran.(5) masih ada siswa yang tidak mau menjawab pertanyaan yang diajukan guru mata pelajaran PAI. (6) masih ada siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 65. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu: Bagaimanakah penerapan Question student have untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam memahami materi cerita kisah nabi pada mata pelajaran Agama Islam di Kelas V SDN 018 Pagaruyung kecamatan Tapung Kabupaten Kampar? Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 24 orang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Sedangkan objeknya adalah Penerapan Metode Question Student Have untuk meningkatkan keaktifan siswa. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan/persiapan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi, dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Tingkat keaktifan siswa sebelum tindakan berada dalam kategori Kurang Aktif dengan angka 46,7%% untuk alternatif “Ya” dan angka 42,1% untuk alternatif “Tidak”. Setelah dilaksanakan metode Question Studens Have pada siklus I tindakan Pertama dan Kedua maka tingkat keaktifan siswa meningkat dengan angka 59,7% untuk alternatif “Ya” dan angka 29,1% untuk alternatif “Tidak” berada dalam Cukup Aktif. Dan setelah diadakan refleksi pada siklus II tindakan Ketiga dan Keempat penerapan metode Question Studens Have keaktifan siswa meningkat lagi dengan angka 71,2% untuk alternatif “Ya” dan angka 17,5 % untuk alternatif “Tidak” berada dalam kategori Cukup Aktif. Artinya keaktifan siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 018 Pagaruyung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar telah mencapai 71,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 07:19
Last Modified: 01 Feb 2016 07:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2318

Actions (login required)

View Item View Item