Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Strategi (Numered Head Together) terhadap Hasil Belajar Santri pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darussakinah Batu Bersurat Kampar

Rafiki Hidayat, - (2019) Pengaruh Penerapan Strategi (Numered Head Together) terhadap Hasil Belajar Santri pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darussakinah Batu Bersurat Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Rafiki Hidayat, (2019): Pengaruh Penerapan Strategi (Numered Head Together) terhadap Hasil Belajar Santri pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darussakinah Batu Bersurat Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran kepala bernomor (Numered Head Together) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih. Jenis penelitian ini adalah Exsperimental Class Research dan eksperimen ini menggunakan Intact-Group Comparison. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest dan Postest, Penelitian ini di lakukan di Pondok Pesantren Darussakinah Batu Bersurat Kabupaten Kampar yang dilaksanakan bulan September, Oktober dan November 2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Pondok Pesantren Darussakinah yang berjumlah 235 orang dan sampelnya siswa kelas VIII yang berjumlah 54 orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis soal, analisis data awal, analisis data akhir yaitu dengan menggunakan rumus test “t”. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan Mean antara hasil Postest kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran kepala bernomor (Numered Head Together) sebesar 82,407 dan kelas control menggunakan pembelajaran konvensional adalah 70,926. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran kepala bernomor (Numered Head Together) terhadap hasil belajar Fikih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darussakinah Batu Bersurat Kampar dengan t hitung = 4,772 lebih besar dari t tabel =1,675 pada taraf yang signifikan 5 %. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kepala Bernomor (Numered Head Together)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Dec 2019 02:55
Last Modified: 10 Dec 2019 02:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23168

Actions (login required)

View Item View Item