Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RANCANG ULANG TATA LETAK FASILITAS PABRIK MENGGUNAKAN PAIRWISE EXCHANGE DAN SIMULASI(STUDI KASUS: CV. GEMILANG VULKANISIR)

Idqan Fadli Saputra, - (2019) RANCANG ULANG TATA LETAK FASILITAS PABRIK MENGGUNAKAN PAIRWISE EXCHANGE DAN SIMULASI(STUDI KASUS: CV. GEMILANG VULKANISIR). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
Tugas Akhir Idqan Fadli (11452104841).pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
Tugas Akhir BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang terjadi pada suatu industri atau pabrik adalah tata letak lantai produksi dan jarak perpindahan bahan baku yang kurang efisien serta susunan mesin produksi yang kurang teratur. Selain permasalahan tersebut alur produksi serta letak dari stasiun-stasiun produksi akan mempengaruhi kelancaran produksi. Selain hal tersebut permasalahan yang terjadi pada CV. Gemilang Vulkanisir yaitu tumpukan-tumpukan bahan baku dan bahan jadi yang tidak memiliki area khusus sehingga mengganggu proses produksi, alur produksi yang bersilang pada lantai produksi membuat perpindahan bahan menjadi lebih jauh. Perancangan ulang urutan-urutan stasiun dilakukan dengan menggunakan metode Pairwise Exchange, metode ini akan memudahkan dalam menentukan kedekatan antar mesin sehingga akan didapatkan urutan stasiun yang lebih optimal. Metode pairwise exchange dilakukan dengan cara melakukan pertukaran antar stasiun yang ada pada lantai produksi hingga mendapatkan urutan stasiun dengan nilai perpindahan terkecil dan akan menjadi layout terpilih. Simulasi yang dilakukan yaitu dengan menggunakan Software Extendsim, Software ini akan melakukan simulasi berdasarkan layout awal dan layout usulan sehingga akan didapatkan perbedaan output dari keduanya. Hasil perhitungan dengan menggunakan metode Pairwise Exchange mendapatkan urutan stasiun baru dengan total jarak perpindahan 47,2 meter dan mendapatkan hasil output dari simulasi sebanyak 42 buah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 11 Dec 2019 06:59
Last Modified: 11 Dec 2019 07:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23160

Actions (login required)

View Item View Item