PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI SHOLAT SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 003 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Yetri Sukma, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI SHOLAT SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 003 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011532.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Perumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah model pembelajaran generatif dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada materi sholat siswa kelas III SD Negeri 003 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar ? Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas III tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Objek dalam penelitian adalah Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Materi Sholat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 003 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar, khususnya pada kelas III tahun pelajaran 2010/2011. Waktu penelitian dimulai bulan September sampai dengan Oktober 2010. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) perencanaan tindakan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelum tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran generatif hanya memperoleh alternatif jawaban ”Ya” sebanyak 62 kali dengan rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 52% atau diklasifikasikan ”kurang baik”. Sementara hasil pengamatan pada siklus I diperoleh alternatif jawaban ”Ya” sebanyak 80 kali dengan rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 67% atau diklasifikasikan ”cukup”. Motivasi belajar siswa menunjukkan peningkatan pada siklus II dengan hasil alternatif jawaban ”Ya” sebanyak 101 kali dengan rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 84% atau diklasifikasikan ”baik”. Keadaan ini membuktikan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penerapan model pembelajaran generatif dapat dikategorikan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 07:18
Last Modified: 01 Feb 2016 07:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2316

Actions (login required)

View Item View Item