PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIV MODEL KOMPETISI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOLAT FARDHU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 006 MUARA UWAI KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Nurjannah, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIV MODEL KOMPETISI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOLAT FARDHU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 006 MUARA UWAI KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011531.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam, khususnya pada materi sholat fardhu. Adapun gelaja-gejala yang peneliti temui di lapangan adalah (1) masih ada sebagian siswa yang bermain-main saat guru menerangkan cara-cara sholat fardhu. (2) masih ada sebagian siswa yang bercerita dengan teman ketika proses pembelajaran berlangsung. (3) masih ada sebagian siswa yang melamun ketika proses pembelajaran berlangsung. (4) sebagian siswa tidak dapat mempraktekkan kembali materi pelajaran melaksanakan sholat fardu yang telah diajarkan dan dipraktekkan guru. (5) masih ada siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 65. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu: Bagaimanakah penerapan pembelajaran cooperative model kompetisi untuk meningkatkan hasil belajar sholat fardhu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas IV SDN 006 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar? Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 25 orang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Sedangkan objeknya adalah penerapan pembelajaran cooperative learning model kompetisi untuk meningkatkan hasil belajar sholat fardhu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan/persiapan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi, dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siklus I telah mencapai nilai rata-rata 64,60 %. Dan ketuntasan kelas hanya 70%, kondisi tersebut belum mencapai indikator dalam penelitian ini dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 78,60% ketuntasan kelas mencapai 90%. Artinya hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SDN 006 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar telah mencapai 78,60% dengan ketuntasan kelas mencapai 90%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 07:16
Last Modified: 01 Feb 2016 07:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2314

Actions (login required)

View Item View Item