PENERAPAN ALGORITMA CART DAN C4.5 UNTUK PENENTUAN JURUSAN SISWA BARU

Fakhri Hadi, - (2019) PENERAPAN ALGORITMA CART DAN C4.5 UNTUK PENENTUAN JURUSAN SISWA BARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
FILE LENGKAP KECUALI BAB(IV) HASIL PENEILITAN (FAKHRI HADI~11553100692).pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
FILE BAB(IV) HASIL PENELITIAN (FAKHRI HADI - 11553100692).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)

Abstract

MAN 1 Inhil merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas berbasis Islam di Kabupaten Indragiri Hilir yang memiliki 3 jurusan yaitu, IPA, IPS, dan MAK. Proses penjurusan yang diterapkan dari pihak sekolah saat ini bersifat subjektif, dalam artian penentuan jurusan tidak sepenuhnya berdasarkan nilai dari hasil tes akademik, dan banyaknya siswa yang kurang mengetahui jurusan yang tepat bagi mereka, hal ini bisa mengakibatkan menurunnya kinerja belajar yang dimiliki para siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut perlulah dilakukan proses klasifikasi terhadap penjurusan siswa, salah satu metode terbaik klasifikasi adalah decission tree yaitu Classification And Regression Tree (CART) dan C4.5. Atribut yang digunakan dalam proses klasifikasi adalah jenis kelamin, rata-rata nilai tes (Matematika, IPA, IPS, Agama) dan minat jurusan. Proses klasifikasi menggunakan data rekapitulasi siswa tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 439 data. Hasil dari penelitian ini memperoleh akurasi dari algoritma CART sebesar 88,61% sedangkan menggunakan algoritma C4.5 memperoleh akurasi sebesar 87,22%. Dengan menggunakan kurva ROC kedua algoritma ini termasuk kedalam excellent classification. Dari segala aspek, algoritma CART lebih direkomendasikan sebagai pedoman bagi pihak sekolah untuk melakukan klasifikasi penjurusan siswa dengan hasil yang lebih tepat dan akurat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Perpustakaan & informasi ilmu
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 09 Dec 2019 03:53
Last Modified: 09 Dec 2019 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23125

Actions (login required)

View Item View Item