Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IDENTIFIKASI DAN ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PROSES PENGOLAHAN SANTAN MENGGUNAKAN METODE FMEA, RCA DAN TOPSIS (STUDI KASUS: PT. XYZ)

SAFARI WARDHANI, - (2019) IDENTIFIKASI DAN ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PROSES PENGOLAHAN SANTAN MENGGUNAKAN METODE FMEA, RCA DAN TOPSIS (STUDI KASUS: PT. XYZ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
cover-lampiran kecuali bab iv.pdf

Download (16MB)
[img] Text
17. BAB IV.pdf

Download (1MB)

Abstract

IDENTIFIKASI DAN ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PROSES PENGOLAHAN SANTAN MENGGUNAKAN METODE FMEA, RCA DAN TOPSIS (STUDI KASUS: PT. XYZ) SAFARI WARDHANI 11352105374 Tanggal Sidang : 07 November 2019 Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas KM. 18 No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Tingginya angka kecelakaan kerja yang terjadi setiap tahunnya pada sektor pengolahan kelapa turunan PT. XYZ mengakibatkan penurunan produktivitas yang dihasilkan. Oleh karena itu, dibuat penilaian identifikasi risiko kecelakaan kerja dengan metode Failure Mode And Effects Analysis (FMEA), mengetahui penyebab kecelakaan kerja dengan metode Root Cause Analysis (RCA) dan usulan perbaikan yang diberikan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja dimasa mendatang dengan metode Technique For Order Performance by Similary to Ideal Solution (TOPSIS). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi bahaya-bahaya kerja yang berpotensi terhadap risiko-risiko kecelakaan kerja dan Merekomendasikan strategi perbaikan sistem K3 untuk mengurangi tingkat kecelakaan kerja di masa mendatang. Hasil dari penilitian berupa usulan perbaikan yang diberikan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja dimasa mendatang dengan menambahkan penandaan label dan display yang dibuat dengan standar K3 yang telah di tentukan agar pekerja menjadi lebih aman dalam bekerja. Kata Kunci: Keselamatan Kerja Metode FMEA, Metode RCA, Metode TOPSIS, Penyebab Risiko

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 06 Dec 2019 09:13
Last Modified: 06 Dec 2019 09:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23102

Actions (login required)

View Item View Item