PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI KISAH NABI MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 049 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Lasmawati, (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI KISAH NABI MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 049 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011527.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuannya adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV SDN 049 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar? Penelitian ini dilaksanakan di SDN 049 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Subjek dalam Penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas IV SDN 049 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Siswa laki-laki 6 orang, sedangkan siswa perempuan 14 siswa. Objek penelitian adalah peningkatan hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada materi kisah nabi melalui model penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang hasil belajar yang dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan dengan rincian satu kali pertemuan tanpa tindakan dan empat kali pertemuan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal. Dapat dilihat dari nilai rata-rata (mean) sebelum tindakan lebih kecil dari mean setelah tindakan, dimana mean sebelum tindakan 56. Mean setelah tindakan pada siklus I 61,25 dan mean pada siklus II 71,5. Pada siklus II terjadi peningkatan. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi “Melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal, hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas IV SDN 049 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar “diterima” artinya apabila diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal, secara benar akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 07:13
Last Modified: 01 Feb 2016 07:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2310

Actions (login required)

View Item View Item