STUDI TENTANG MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-FALAH PARIT KEBUMEN KECAMATAN RUPAT KABUPATEN BENGKALIS

Tuti Triawan, (2011) STUDI TENTANG MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-FALAH PARIT KEBUMEN KECAMATAN RUPAT KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011526.pdf

Download (818kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar adalah sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberi arahan pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. Dari hasil penelitian yagn telah dilakukan bahwa ada terdapat beberapa gejala dalam proses pembelajaran fiqih, daiantranya, kurangnya ketertarikan siswa untuk menggali materi pelajaran fiqih lebih dalam, guru yang dalam proses pembelajaran fiqih masih kurang mempertahankan perhatian siswa, dan kurangnya minat dan penguasaan siswa terhadap konsep-konsep fiqih hal ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bidang studi fiqih di Madrasah Tsanawiyah Alfalah Desa Parit Kebumen Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Subyek dalam penelitian ini adalah siswa obyeknya adalah motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bidang studi fiqih. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Alfalah Desa Parit Kebumen Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis yang berjumlah 67 orang. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan Angket, wawancara dan diperkuat dengan dokumentasi, analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan tekhnik deskriptif dengan persentase. Dengan rumus : Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 18 dan 19 januari 2011. Setelah data terkumpul kemudian disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan dianalisa dengan tehnik kualitatif. Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bidang studi fiqih dikategorikan tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan maka penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahawa motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bidang studi fiqih dikategorikan “bermotivasi rendah” dengan hasil Prosentase akhir yaitu 47,80% berada pada reng antara 0-48%. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi antara lain: 1. Faktor Guru 2. Faktor Sumber Belajar 3. Faktor Kurikulum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 07:10
Last Modified: 01 Feb 2016 07:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2309

Actions (login required)

View Item View Item