Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

Nur Hasmi, 11413202723 (2019) PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV BARU.pdf

Download (559kB)

Abstract

Nur Hasmi, (2019): Pengaruh Teknik Role Playing dalam Layanan Konseling Kelompok terhadap Kepercayaan Diri Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang kurang percaya diri sehingga dapat menghambat perkembangan prestasi belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana kepercayaan diri siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok menggunakan teknik role playing, (2) bagaimana kepercayaan diri siswa sesudah diberikan layanan konseling kelompok menggunakan teknik role playing, (3) seberapa efektifkah tenik role playing dalam layanan konseling kelompok terhadap kepercayaan diri siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 4 Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru berjumlah 36 siswa. Sampel diambil sebanyak 10 orang menggunakan teknik purposive sampling. Adapun untuk anlisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) sebelum melaksanakan layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dengan rata-rata 49 berada dikategori rendah dan persentase 42.3% (2) sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik role playing meningkat dengan rata-rata 74.3 berada dikategori sedang dan persentase 64%, maka dapat dikatakan adanya perbedaan pre-test dan post-test (3) Jadi dapat disimpulkan layanan konseling kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa yang dilihat dari analisi data bahwa Z tabel ≤ Z hitunng 0.005 ≤ 0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kata kunci: Teknik Role Playing, Konseling Kelompok, Kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Dec 2019 03:53
Last Modified: 06 Dec 2019 03:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23086

Actions (login required)

View Item View Item