KARAKTERISTIK BEBAN LISTRIK KUMULATIF RUMAH TANGGA BERDASARKAN METODA ENGINEERING MENGGUNAKAN POLA PERILAKU TERDISTRIBUSI NORMAL

DIAN ARIZONI, - (2019) KARAKTERISTIK BEBAN LISTRIK KUMULATIF RUMAH TANGGA BERDASARKAN METODA ENGINEERING MENGGUNAKAN POLA PERILAKU TERDISTRIBUSI NORMAL. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
COVER-LAMPIRAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
19.BAB IV.pdf

Download (501kB)

Abstract

KARAKTERISTIK BEBAN LISTRIK KUMULATIF RUMAH TANGGA BERDASARKAN METODA ENGINEERING MENGGUNAKAN POLA PERILAKU TERDISTRIBUSI NORMAL DIAN ARIZONI 11455105011 Tanggal Sidang : 11 November 2019 Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri sultan Syarif kasim Riau Jl.Soebrantas No. 15 Pekanbaru ABSTRAK Perhitungan konsumsi energi listrik di rumah tangga menjadi penting ketika sumber daya alam pembangkitnya terbatas. Penggunaan listrik ini sangat bergantung pada perilaku penggunaan perangkat elektris di rumah tangga di mana pemakaian di setiap rumah mestinya akan berbeda-beda. Dengan menggunakan metode engineering, perhitungan konsumsi listrik ini dapat dihitung secara kumulasi dengan memodelkan perilaku penggunaannya terdistribusi Normal. Pengumpulan data perilaku tersebut dilakukan secara survei dari rumah ke rumah dan mengambil data meteran listrik dalam beberapa hari sebagai data validasi. Suatu model simulator berbasis Microsoft excel kemudian dibangun dengan memodelkan perilaku tersebut dalam perihal waktu penggunaan dan durasinya. Berdasarkan hasil pencatatan meteran listrik, model yang dibangun dapat menghitung konsumsi kumulasi dari 100 rumah tangga sekaligus dengan nilai MSE 2%, 4% dan 3% untuk masing-masing perumahan tipe 45, 38 dan 36, dengan masing-masing model konsumsi listrik setiap rumah rata-rata sebesar 8.27 kWH, 7.56 kWH dan 6.5 kWH per-hari. Kata Kuci: metoda engineering, konsumsi listrik rumah tangga, distribusi normal, model perilaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621 Fisika Terapan > 621.381 Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 05 Dec 2019 07:04
Last Modified: 05 Dec 2019 07:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23054

Actions (login required)

View Item View Item