Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SURAT PENDEK PILIHAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SDN 018 TANDAN SARI KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

Nurwidar (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SURAT PENDEK PILIHAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SDN 018 TANDAN SARI KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011522.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach).Berdasarkan hasil pengamatan di Kelas V SDN 018 Tandan Sari Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, seperti : a) Masih terdapat sebagian siswa belum dapat membaca Al-Qur’an pada bacaan yang panjang (MAD), terutama pada MAD Thabi’i b) Masih terdapat sebagian siswa belum dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil, dari 23 siswa hanya 10 siswa yang dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil c) Masih terdapat sebagian siswa belum dapat membedakan huruf yang tebal dan tipis, contoh pada huruf “Sya”, siswa banyak membaca “Sa”. d) Masih ada siswa yang belum bisa membaca al-qur’an dengan makhraj yang benar, seperti dalam membaca huruf “Rro”, siswa banyak membaca dengan bacaan “Ra” begitu juga pada huruf “Qof” siswa banyak membaca “Kaf”. . Untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut maka penulis menerapkan model pembelajaran Scramble Kelas V SDN 018 Tandan Sari Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang di uraikan adalah Membaca dan Mengartikan Al-Qur’an Surat Pendek Pilihan, pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an. Hal ini dapat dilihat dari data sebelum tindakan diperoleh rata-rata persentase 39,1% ,dari siklus I diperoleh rata-rata persentase 60,3%, Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 78,3%, hal ini menunjukan bahwa melalui model pembelajaran Scramble Di kelas V SDN 018 Tandan Sari Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar dapat diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 07:06
Last Modified: 01 Feb 2016 07:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2305

Actions (login required)

View Item View Item