PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, KOMITMEN ORGANISASI, BUDGET EMPHASIS TERHADAP SENJANGANE ANGGARAN (STUDI EMPIRIS PADA OPD DENGAN FUNGSI PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN KAMPAR)

MARLINA, - (2019) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, KOMITMEN ORGANISASI, BUDGET EMPHASIS TERHADAP SENJANGANE ANGGARAN (STUDI EMPIRIS PADA OPD DENGAN FUNGSI PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN KAMPAR). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
SKRIPSI MARLINA.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh partisipasi anggaran, komitmen organisasi dan budget emphasis terhadap senjangan anggaran pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 75 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kampar. Metode pemilihan sampel adalah purposive sampling. Sample peneltian ini berjumlah 75 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kampar. Analisis data menggunakan alat analisis uji regresi linier berganda, uji validitas dan realibelitas data dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan pengujian parsial (t), uji simultan (f), dan determinasi (R2). Hasil analisis data atau regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara parsial (t) variabel partisipasi anggaran dan budget emphasis berpengaruh terhadap senjangan anggaran, sedangkan komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap senjangan anggaran. Secara simultan (f) partisipasi anggaran, komitmen organisasi dan budget emphasis berpengaruh secara bersama-sama terhadap senjangan anggaran. Variabel independen dapat menjelaskan pengaruh perataan laba sebesar 61,2% sedangkan sisanya sebesar 38,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 06 Dec 2019 02:12
Last Modified: 06 Dec 2019 02:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23026

Actions (login required)

View Item View Item