Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENDEKATAN CLIENT CENTERED DENGAN TEKNIK EMPATHY DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KECEMASAN SISWA MENGIKUTI UJIAN AKHIR SEMESTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PGRI PEKANBARU

Sucitra utari, - (2019) EFEKTIVITAS PENDEKATAN CLIENT CENTERED DENGAN TEKNIK EMPATHY DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KECEMASAN SISWA MENGIKUTI UJIAN AKHIR SEMESTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PGRI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
UPLOAD PUSTAKA UNIV.pdf

Download (21MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV UPKOAD PUSTAKA UNIV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)

Abstract

ABSTRAK Sucitra Utari, (2019): Efektivitas Pendekatan Client Centered dengan Teknik Empathy dalam Layanan Konseling Kelompok terhadap Kecemasan Siswa Mengikuti Ujian Akhir Semester di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: efektivitas pendekatan Client Centered dengan teknik Empathy dalam layanan konseling kelompok terhadap kecemasan siswa mengikuti ujian akhir semsester. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pre-eksperimen dengan jenis The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa. Sampel diambil sebanyak 9 orang siswa yang mengalami kecemasan tingkat tinggi melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data digunakan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan Uji Wilcoxon’s. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecemasan siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered melalui teknik empathy berada dikategori sangat tinggi dengan rata-rata 88 dan persentase 97% dan setelah diberikan pendekatan Client Centered dengan teknik Empathy untuk mengatasi kecemasan siswa dalam mengikuti ujian akhir semester, mengalami perubahan menjadi kategori sangat rendah dengan rata-rata 32 dan persentase 28%. maka dapat dikatakan adanya perbedaan pre-test dan post-test. Jadi dapat disimpulkan layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered melalui teknik empathy efektif untuk mengatasi kecemasan siswa mengikuti ujian akhir semester yang dilihat dari hasil analisis data bahwa T tabel <T hitung, 0.00,<0.05 sehingga Ho ditolak. Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Pendekatan Client Centered dengan teknik Empathy dan Kecemasan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Dec 2019 03:10
Last Modified: 05 Dec 2019 03:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23024

Actions (login required)

View Item View Item