Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN SUAMI DALAM KELUARGA SEBAGAI PEMIMPIN RUMAH TANGGA DI DESA BALAMJAYA KECAMATAN TAMBANG (ANALISIS PENERAPAN PASAL 80 AYAT 3 KOMPILASI HUKUM ISLAM)

Gunawan, - (2019) PERANAN SUAMI DALAM KELUARGA SEBAGAI PEMIMPIN RUMAH TANGGA DI DESA BALAMJAYA KECAMATAN TAMBANG (ANALISIS PENERAPAN PASAL 80 AYAT 3 KOMPILASI HUKUM ISLAM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Gunawan (2019): “Peranan Suami dalam Keluarga Sebagai Pemimpin Rumah Tangga di Desa Balam Jaya Kecamatan Tambang (Analisis Penerapan Pasal 80 Ayat 3 Kompilasi Hukum Islam)”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya pengabaian tugas oleh suami sebagai pemimpin rumah tangga, dimana tugas sebagai pemimpin ini diambil alih oleh isteri, tugas suami sebagai pemimpin adalah memberi nafkah dan mendidik keluarga (isteri). Penelitian ini dilakukan di Desa Balam Jaya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah yang pertama bagaimana peranan suami dalam keluarga sebagai pemimpin rumah tangga di Desa Balam Jaya Kecamatan Tambang dan yang kedua bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap peranan suami dalam keluarga sebagai pemimpin rumah tangga di desa Balamjaya Kecamatan Tambang. Tujuan penelitian untuk mengetahui peranan suami dalam keluarga sebagai pemimpin rumah tangga di Desa Balam Jaya Kecamatan Tambang dan juga untuk mengetahui tinjauan ukum Islam tentang peranan suami dalam keluarga sebagai pemimpin rumah tangga di desa Balamjaya Kecamatan Tambang. Penelitian ini brsifat Field Research (penelitian lapangan). Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, angket dan studi pustaka. Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan Peranan suami dalam keluarga sebagai pemimpin rumah tangga yaitu sebagai pencari nafkah dan mendidik/membimbing isteri. Di Desa Balam Jaya dalam mencari nafkah dilakukan oleh suami dan isteri, faktor isteri bekerja adalah untuk membantu perekonomian keluarga karena penghasilan suami tidak mencukupi atau paspasan. Dalam tugas mendidik/membimbing isteri, para suami tidak terlalu memperhatikan, faktor keterbatasan ilmu dan juga karena lingkungan sosialnya. Masyarakat masih memandang agama dan adat sebagai acuan dalam hidup dan kehidupan ini. Adapun hambatan para suami menjalankan peranannya dalam keluarga sebagai pemimpin keluarga adalah: pertama; karena kesenjangan ekonomi, faktor dari kesenjangan ekonomi adalah pengangguran dan malas bekerja, kedua; karena keterbatasan ilmu, yang menjadikan suami kurang optimal menjalankan syariat agama dan mengakibatkan kurang perhatian terhadap isteri mengenai hukum syariat yang dijalankannya. Dalam Tinjauan hukum Islam suami isteri dibolehkan untuk saling membantu satu sama lain serta memenuhi asas kesukarelaan. Akan tetapi, sebaiknya peranan suami dalam keluarga sebagai pemimpin rumah tangga untuk mencari nafkah dan membina keluarga hendaknya dilakukan oleh suami. Karena baik buruknya suatu rumah tangga tergantung dari pemimpinnya (suami).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Dec 2019 03:30
Last Modified: 05 Dec 2019 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23022

Actions (login required)

View Item View Item