Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KELOMPOK BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TURNAMEN BELAJAR DI KELAS V SDN 010 BATU SASAK KECAMATAN KAMPAR KIRI HULU KABUPATEN KAMPAR

Miftahul Adni (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KELOMPOK BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TURNAMEN BELAJAR DI KELAS V SDN 010 BATU SASAK KECAMATAN KAMPAR KIRI HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011513.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Persoalan tidak aktifnya murid dalam belajar, terutama dalam belajar PAI merupakan salah satu persoalan pendidikan yang harus dicarikan solusinya oleh pihak terkait, terutama guru yang mengajarkan mata pelajaran PAI. Karena ketidak aktifan seperti ini akan berdampak pada hasil belajar atau prestasi para murid. Supaya hal ini tidak berkepanjangan, maka peneliti menawarkan salah satu solusi yaitu merancang tekhnik pembelajaran yang efektif dan seefisien mungkin. Salah satu tekhnik pembelajaran adalah denga menggunakan tekhnik pembelajaran Turnamen Belajar. Melalui tekhnik Turnamen Belajar diharapkan murid dapat belajar lebih aktif. Melihat hal tersebut penulis melakukan penelitian yang dilaksanakan di SDN 010 Batusasak Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar. Adapun objek penelitian ini adalah aktivitas belajar PAI, sedangkan penelitian dilakukan dengan menggunakan observasi dan refleksi. Setelah data diperoleh dari hasil penelitian melalui observasi dan refleksi, maka ;penulis menyajikan data- data tersebut. Setelah dianalisis, hasil yang diperolah dari penelitian ini dapat dilihat pada kesimpulan berikut ini. Upaya guru dalam meningkatkan keaktifan siswa tergolong baik, karena berada antara 80%-100%. Terdapat perbedaan signifikan didalam meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar PAI apabila dibandingkan dengan tanpa menggunakan tekhnik Turnamen Belajar. Perbedaan ini menunjukkan bahwa penggunakan Tekhnik Turnamen Belajar lebih baik dibandingkan pengajaran mengunakan metode ceramah satu arah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 07:04
Last Modified: 01 Feb 2016 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2302

Actions (login required)

View Item View Item