Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI OPAC TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL

DEWI PURWANTI, - (2019) ANALISA KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI OPAC TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
file lengkap kecuali BAB hasil penelitian.pdf

Download (13MB)
[img] Text (BAB IV)
file BAB hasil peneltian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

UIN SUSKA Riau merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi negeri yang bergerak di bidang jasa pelayanan pendidikan. Perpustakaan UIN SUSKA Riau telah menerapkan layanan Online Public Access Catalog (OPAC) pada tahun 2012. Pada penerapan layanan OPAC masih terdapat kesalahan dan keluhan dari pemustaka. Untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi pada penerapan layanan OPAC maka digunakanlah dimensi libqual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan OPAC dilihat dari dimensi Libqual terhadap kepuasan mahasiswa/i pada perpustakaan UIN SUSKA Riau dan untuk mengetahui atribut mana yang perlu mendapat prioritas utama dalam perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanan OPAC. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif yang menggunakan OPAC pada perpustakaan UIN SUSKA Riau dengan jumlah sampel 379 orang. Analisa data yang digunakan menggunakan analisa perhitungan Libqual dan CSI. Data diperoleh dengan melakukan wawancara, menyebarkan kuesioner dan dikembangkan mengikuti metode Libqual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan OPAC pada perpustakaan UIN SUSKA Riau berada pada batas toleransi, artinya kualitas layanan telah dinilai baik. Tapi pemustaka masih kurang puas terhadap layanan perpustakaan karena dari hasil keseluruhan yang diperoleh dari analisa skor Adequacy Gap (AG) yang menunjukkan nilai negatif yaitu -1,24 dan analisa skor Superiority Gap (SG) yang menunjukkan nilai negatif yaitu -2,93. Berdasarkan prioritas perbaikan layanan terdapat pada kuadran A yaitu pada pernyataan P9, P10, P11, P13, P14, P15, P16, P18, P19. Kata Kunci: Ekspektasi, Kualitas, Libqual, OPAC, UIN SUSKA Riau

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 04 Dec 2019 07:23
Last Modified: 04 Dec 2019 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23017

Actions (login required)

View Item View Item