Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis

Siti Aminah, - (2019) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
17 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Aminah (2019) : Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat, (2) Faktor yang mendukung kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat, (3) Faktor yang menghambat partisipasi masyarakat di Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala Sekolah SMAN Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis, sedangkan informan pendukung adalah masyarakat, baik masyarakat peserta didik maupun masyarakat umum. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif; Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, Verifikasi dan pengecekan keabsahan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah SMAN Bantan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat sangat beragam. Kepala SMAN 1 Bantan dalam kepemimpinan meningkatkan partisipasi masyarakat diantaranya; menyampaikan program sekolah secara terbuka, memberdayakan komite, membangun kerjasama dengan pemdes setempat, memberdayakan alumni, dan melibatkan masyarakat dalam kegiatan sekolah. Kepala SMAN 2 Bantan dalam kepemimpinannya meningkatkan partisipasi masyarakat diantaranya; meminta masyarakat untuk hadir saat acara sekolah dan melibatkan masyarakat dalam kebijakan sekolah, terakhir kepala SMAN 3 Bantan dalam kepemimpinannya meningkatkan partisipasi masyarakat diantaranya; menggunakan manajemen yang bersipat terbuka dan melibatkan masyarakat dalam program sekolah, melakukan pendekatan dengan masyarakat, menyatukan barisan alumni, melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan sekolah dan membuat kerjasama dengan pemdes setempat. Faktor yang mendukung kepemimpinan kepala sekolah SMAN 1 Bantan adalah pola pikir masyarakat yang sudah moderenisasi, SMAN 2 Bantan masyakat bersipat aktif dalam berpartisipasi sedangkan SMAN 3 Bantan kerjasama guru dan siswa/i yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat SMAN 1 Bantan adalah pemerintah, SMAN 2 Bantan tidak memiliki hambatan dalam berpartisipasi, sedangkan faktor penghambat kepala SMAN 3 Bantan dalam meningkatkan partisipasi dilatarbelakangi oleh tingkat pendidikan dan tingkat ekonomi masyarakat. Kata Kunci: Kepemimpinan kepala sekolah, partisipasi masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 04 Dec 2019 05:02
Last Modified: 04 Dec 2019 05:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23000

Actions (login required)

View Item View Item