PENERAPAN TEKNIK VCT (VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE) MODEL CERITA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI AKHLAK TERPUJI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 041 TAMPAN KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

Elvita Jaya, (2010) PENERAPAN TEKNIK VCT (VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE) MODEL CERITA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI AKHLAK TERPUJI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 041 TAMPAN KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201199.pdf

Download (887kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach).Berdasarkan hasil pengamatan di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 041 Tampan Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang menunjukkan kurangnya keaktifan Murid didalam belajar seperti : a) Hasil belajar yang diperoleh Murid belum optimal, hal ini terlihat dari nilai rapor khususnya pada mata pelajaran Agama Islam, lebih dari 50% dari seluruh Murid yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 65 yang ditetapkan sekolah. b) Adanya sebagian Murid yang sulit memahami pelajaran yang disampaikan, hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang dilaksanakan oleh guru hanya sebagian Murid yang memperoleh nilai yang baik dan dapat mengerjakan soal dengan benar. . Untuk meningkatkan hasil belajar Murid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut maka penulis menerapkan Teknik VCT (Value Clarification Technique) Model Cerita Pendidikan Agama Islam di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 041 Tampan Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang di uraikan adalah kemampuan melaksanakan shalat fardhu sebelum tindakan, pada Siklus I dan Siklus I, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa hasil belajar Murid sebelum tindakan hanya mencapai persentase 48.9% dengan kategori “Kurang” karena berada pada rentang 40-55%. Pada siklus I meningkat dengan persentase 65.6% dengan kategori “Sedang” karena berada pada rentang 56 % - 75%. Sedangkan pada Siklus I kemampuan Murid dalam melaksanakan sholat fardhu meningkatkan dengan cukup memuaskan dengan persentase 75.2 % dengan kategori “baik” karena berada pada rentang 75 % - 100 %. Dari hasil tersebut, hipotesis penelitian yang berbunyi melalui penerapan Teknik VCT (Value Clarification Technique) Model Cerita dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas III Sekolah Dasar Negeri 041 Tampan Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, dapat “diterima”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 03:57
Last Modified: 21 Dec 2015 03:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23

Actions (login required)

View Item View Item