PERANCANGAN TEMPAT PERENDAMAN PEMBUATAN TAHU SUMEDANG YANG ERGONOMIS MENGGUNAKAN WORKPLACE ERGONOMIC RISK ASSESSMENT (WERA)

AISYAH AULIA HARAHAP, - (2019) PERANCANGAN TEMPAT PERENDAMAN PEMBUATAN TAHU SUMEDANG YANG ERGONOMIS MENGGUNAKAN WORKPLACE ERGONOMIC RISK ASSESSMENT (WERA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
daftar-daftar-dikonversi-digabungkan.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

UKM. Tahu Sumedang Rimbo Panjang Pekanbaru adalah unit usaha yang bergerak dalam pembuatan tahu. Proses produksi pada stasiun kerja perendaman kacang terdapat permasalahan postur kerja membungkuk dan pada stasiun penggilingan pekerja mejangkau setinggi dada pekerja 132cm untuk meletakkan kacang ke mesin penggilingan. Identifikasi awal menggunakan kuesioner NBM terhadap 3 orang pekerja, sebanyak 66,67% merasakan sakit pada leher bagian atas dan bawah, 66,67 % pada bahu kiri dan 100% pada bahu kanan, punggung dan pinggng, 33,33% pada bagian tangan kiri dan kanan. Proses identifikasi level pekerjaan dilakukan menggunakan metode WERA terhadap 9 kategori yaitu bahu, pergelangan tangan, punggung, kaki, leher, kekutan, getaran, kontak stres dan lamanya pekerjaan. Didapat score 35 pada stasiun perendaman dan score 31 pada stasiun penggilingan dengan level medium perlu dilakukan perbaikan pada stasiun kerja perendaman dan stasiun kerja penggilingan. Dilakukan identifikasi setelah perbaikan menggunakan metode WERA didapat score 24 pada stasiun penggilingan dan score 24 pada stasiun perendaman dengan level low pekerjaan diterima tidak perlu dilakukan perbaikan pada stasiun kerja perendaman dan penggilingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621 Fisika Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:53
Last Modified: 04 Dec 2019 03:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22970

Actions (login required)

View Item View Item