PENERAPAN STRATEGI MODELING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERWUDHU’ PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS II SDN 032 LUBUK AGUNG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Muhammad Syukrial, (2011) PENERAPAN STRATEGI MODELING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERWUDHU’ PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS II SDN 032 LUBUK AGUNG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011502.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam berwudhu’, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah keterampilan berwudhu’ pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas II SDN 032 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan melalui penerapan strategi Modeling The Way. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan bulan Oktober 2010 sampai dengan Januari 2011. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Pendidikan Agama Islam. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan strategi Modeling The Way pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diketahui dari adanya peningkatan keterampilan siswa dalam berwudhu’ dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan tergolong rendah dengan persentase 53,2%. Setelah diadakan tindakan pada siklus I meningkat tinggi dengan persentase 65,5%. Walaupun keterampilan siswa dalam berwudhu’ meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I, namun keterampilan siswa dalam berwudhu’ belum mencapai 75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi sangat tinggi dengan persentase 80,5%. Artinya keberhasilan murid telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Untuk itu, peneliti sekaligus sebagai guru tidak perlu melakukan siklus berikutnya, kerena sudah jelas keterampilan siswa dalam berwudhu’ pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diperoleh. Adapun besar peningkatan keterampilan siswa dalam berwudhu’ dari sebelum tindakan hingga siklus II adalah 27,3%. Dengan demikian, melalui strategi Modeling The Way, keterampilan berwudhu’ pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas II SDN 032 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 06:58
Last Modified: 01 Feb 2016 06:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2297

Actions (login required)

View Item View Item