Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Konstruksi Realitas Sosial Prostitusi Onlinedi Kalangan Selebritis (Analisis Framing Kasus Vanessa Angel di Portal Detik.com Edisi 5 Januari 2019)

Nur Fadila, - (2019) Konstruksi Realitas Sosial Prostitusi Onlinedi Kalangan Selebritis (Analisis Framing Kasus Vanessa Angel di Portal Detik.com Edisi 5 Januari 2019). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nur Fadila Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Konstruksi Realitas Sosial Prostitusi Onlinedi Kalangan Selebritis (Analisis Framing Kasus Vanessa Angel di Portal Detik.com Edisi 5 Januari 2019) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana framing pemberitaan kasus Selebritis Vanessa Angel di Portal Detik.com. Framing adalah pendekatan untuk mengetahui bagaimana perspektif atau cara pandang yang digunakan oleh wartawan ketika menyeleksi isu dan menulis berita. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif karena tidak bermaksud mengadakan pengujian, menjelaskan hubungan sebab akibat, tetapi lebih memfokuskan pada pemaparan situasi yang terjadi pada saat penelitian. Dan dalam Penelitian ini menggunakan teknis analisis data yaitu analisis framing berdasarkan model Robert N Entman, adapun teknik pengumpulan data nya menggunakan teknik dokumentasi. Teori yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini adalah teori analisis framing yang di kemukakan oleh Robert N Entman yang memiliki empat elemen atau empat mata pisau yang digunakan pada saat penelitian, diantaranya adalah Define Problem ( pendefinisian masalah), Diagnose Causes (memperkiralan penyebab masalah), Make Moral Judgement (membuat pilihan moral), dan Treatment Recommendation (menekankan penyelesaian). Hasil dari penelitian ini adalah pemberitaan yang di sajikan oleh media online detik.com terkait kasus vanessa angel yaitu prostitusi online yang terjadi di Jawa Timur tepatnya di Kota Surabaya, dalam penelitian ini peneliti mendapatkan hasil dari penelitian ini dengan menggunakan pisau penelitian yang di miliki oleh Robert N Entman bahwa, penangkapan vanessa angel bermula dari pengaduan masyarakat terhadap pihak kepolisian Kota Surabaya Jawa Timur (define problem), penyebab terjadinya masalah tersebut adalah faktor ekonomi dan gaya hidup mewah seorang artis (diagnose causes), adapun penekanan moral nya dalah kasus tersebut bahwa vanessa angel telah mengakui dirinya bersalah dan dirinya telah meminta maaf kepeda masyarakat atas apa yang telah dilakukannya usai dirinya diperiksa oleh kepolisian Jatim (make moral judgement), dan penyelesaian yang dituliskan detik.com terhadap maslah ini adalah bahwa vanessa angel di hukum selama 6 bulan penjara karena melanggar Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) pasal 27 ayat 1 (treatment recommendation). Kata Kunci: Framing, Prostitusi Online, Detik.com

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 04 Dec 2019 02:12
Last Modified: 04 Dec 2019 02:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22966

Actions (login required)

View Item View Item