Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI PERTANIAN TERPADU PROVINSI RIAU

NUR'ASIYAH, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI PERTANIAN TERPADU PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (15MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nur’asiyah, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran talking stick terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Penelitian ini di latar belakangi oleh belum maksimalnya keaktifan belajar siswa saat proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek penelitian nya adalah model pembelajaran talking stick dan keaktifan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI ATP (Agribisnis Tanaman Perkebunan) dan XI PPT (Pemuliaan Perbenihan Tanaman). Sampel dalam penelitian yaitu kelas XI ATP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI ATP 2 sebagai kelas kontrol dengan alasan kedua kelas tersebut memiliki nilai rata-rata kelas siswa yang mendekati sama atau homogen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah tes “t”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan mean antara kedua kelas yaitu kelas eksperimen sebesar 58,6664 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 41,3336. Dari hasil uji t diperoleh nilai t > taraf signifikan 5% (1,672) dan 1% (2,392) atau 1,672 < 13,695> 2,392 artinya maka H_a diterima dan H_o ditolak yang berarti terdapat perbedaan antara keaktifan belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran talking stick di kelas eksperimen dengan keaktifan belajar siswa yang menerapkan metode pembelajaran konvensional di kelas kontrol pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Kata Kunci: Talking Stick, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Dec 2019 06:51
Last Modified: 04 Dec 2019 06:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22963

Actions (login required)

View Item View Item