Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PAI PADA MATERI KISAH NABI MELALUI STRATEGI ROLE PLAY DI KELAS V SD NEGERI 017 PARIT BARU KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Nurmayanti (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PAI PADA MATERI KISAH NABI MELALUI STRATEGI ROLE PLAY DI KELAS V SD NEGERI 017 PARIT BARU KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011483.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini sangat penting dilakukan, karena pembelajaran haruslah mampu memberikan perubahan, inilah yang dimaksud hasil belajar. Untuk meningkatkan hasil belajar diantaranya dengan penggunaan strategi Role Play terutama pada materi sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan strategi Role Play dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran PAI pada materi kisah nabi. Hipotesis tindakan ini adalah dengan penerapan Role Play dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 017 Parit Baru Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dalam pelajaran PAI pada materi kisah nabi. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dan tiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Sebagai subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas V SD Negeri 017 tahun pelajaran 2010 – 2011 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Sedangkan objeknya adalah strategi Role Play. Adapun tahapan dalam penelitian ini, peneliti memulai dengan membuat perencanaan pembelajaran, implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan observasi dan hasil tes belajar serta pengujian hipotesis dalam peneliti, maka diproleh suatu kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dalam pelajaran pendidikan agama islam pada materi kisah nabi di kelas V SD Negeri 017 Parit Baru Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Setelah dilakukan tindakan kelas dengan menggunakan strategi Role Play dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa sebelum diterapkan strategi Role Play hanya mencapai rata-rata nilai 61,72 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 32%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan diterapkan strategi Role Play hasil belajar siswa meningkat mencapai rata-rata nilai 70,72 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 60%. Kemudian pada siklus II dengan menerapkan strategi Role Play hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu rata-rata nilai 79,04 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 80%. Dan pada terakhir yaitu siklus III dengan diterapkan strategi Role Play hasil belajar siswa meningkat mencapai rata-rata nilai 83,76 serta ketuntasan siswa secara klasikal sebesar 96%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 06:55
Last Modified: 01 Feb 2016 06:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2294

Actions (login required)

View Item View Item