Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENETAPAN HARGA PENJUALAN PADI OLEH TENGKULAK TERHADAP PENDAPATAN EKONOMI KELUARGA PETANI PADI DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Nagari Aie Tajun Kec. Lubuk Alung Kab. Padang Pariaman Prov. Sumatera Barat)

Nur Fitri Annisa, - (2019) PENETAPAN HARGA PENJUALAN PADI OLEH TENGKULAK TERHADAP PENDAPATAN EKONOMI KELUARGA PETANI PADI DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Nagari Aie Tajun Kec. Lubuk Alung Kab. Padang Pariaman Prov. Sumatera Barat). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Fitri Annisa (2019): “Penetapan Harga Penjualan Padi Oleh Tengkulak Terhadap Pendapatan Ekonomi Keluarga Petani Padi Ditinjau Menurut Ekonomi Islam”. (Studi Kasus Nagari Aie Tajun Kec. Lubuk Alung Kab.Padang Pariaman Prov. Sumatera Barat) Penelitian ini dilatar belakangi karena masyarakat di Nagari Aie Tajun mata pencariannya adalah sebagai petani. Hampir sebagian dari Kepala Keluarga yang bekerja sebagai petani padi. Para petani mencukupi kebutuhan hidup keluarganya dengan hasil panen padi yang diperoleh setiap panennya. Namun, belakangan ini para petani merasakan adanya permasalahan yang terjadi dari hasil penjualan panen padi, karena akhir-akhir ini para tengkulak menetapkan harga penjualan secara tidak adil. Penetapan harga ynag tidak adil dan tidak sesuai dengan harga pasaran membuat para petani merasa mengeluh karena tidak dapat mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga para petani. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun lokasi penelitian ini dilakukan di Nagari Aie Tajun Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman Sumatera Barat. Nagari Aie Tajun memiliki jumlah 1.115 kepala keluarga, 400 kepala keluarga bekerja sebagai petani padi. karena populasi dan sampel sangat banyak maka penulis hanya mengambil 100 sampel dari jumlah populasi dan sampel dijadikan subjek penelitian dengan mengunakan metode purposive Sampling. Penulis mendapatkan data di lapangan mengunakan teknik observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Kemudian diklasifikasikan menurut jenis dan sifatnya, kemudian diuraikan secara deskriptif yaitu menganalisis data yang bersifat penjelasan atau pengurain data dan informasi yang kemudian dikaitkan dengan teori dan konsep-konsep yang mendukung pembahasan yang relevan dimana penjelasan ini mengunakan metode kualitatif. Setelah mengadakan penelitian di Nagari Aie Tajun, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa penetapan harga penjualan padi yang ditetapkan oleh tengkulak merupakan harga yang rendah. Dengan kebijakan yang ditetapkan tengkulak menyebabkan para petani padi mengalami penurunan ringkat pendapatan ekonomi keluarga petani padi dan rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat di Nagari Aie Tajun. Menurut Ekonomi syariah mengenai penetapan harga yang tidak adil yang dilakukan oleh tengkulak merupakan perbuatan dan tindakan yang tidak sesuai dengan aturan dan ajaran hukum islam, karena dengan kebijakan yang dilakukan dapat menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak yang lainnya. Kebijakan itu sangat tidak sesuai dan dilarang dalam ajaran hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 02 Dec 2019 07:12
Last Modified: 02 Dec 2019 07:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22900

Actions (login required)

View Item View Item