Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Hak Pendidikan Terhadap Anak Daerah Terpencil Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 ( Studi Kasus Anak Suku Akit Di Desa Sungai Tohor Barat Kecamatan Tebing Tinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti )

RISKA MARDALENA, 11527200168 (2019) Hak Pendidikan Terhadap Anak Daerah Terpencil Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 ( Studi Kasus Anak Suku Akit Di Desa Sungai Tohor Barat Kecamatan Tebing Tinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
GABUNGN KECALI BABA IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (340kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “ Hak Pendidikan Terhadap Anak Daerah Terpencil Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 ( Studi Kasus Anak Suku Akit Di Desa Sungai Tohor Barat Kecamatan Tebing Tinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti ).”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis mengenai Hak Pendidikan Terhadap Anak Daerah Terpencil Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 ( Studi Kasus Anak Suku Akit Di Desa Sungai Tohor Barat Kecamatan Tebing Tinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti ). Masih ada anak yang tidak mendapatkan pendidikan sebagaimana mestinya. Adapun rumusan masaalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana Hak Pendidikan Terhadap Anak Daerah Terpencil Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 ( Studi Kasus Anak Suku Akit Di Desa Sungai Tohor Barat Kecamatan Tebing Tinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti ). Apa Faktor Penghambat Bagi Pemerintah Daerah dalam memberikan Hak Pendidikan Terhadap Anak Daerah Terpencil Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 ( Studi Kasus Anak Suku Akit Di Desa Sungai Tohor Barat Kecamatan Tebing Tinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti ). Adapun jenis penelitian yang dialakukan adalah merupakan jenis penelitian yuridis sosiologi yaitu melalui wawancara dan tekhnik pengumpulan data yang diperoleh atau dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Tekhnik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu setelah semua data telah berhasil penulis kumpulkan, maka penulis menjelaskan rinci dan sistematis sehingga dapat tergambar secara utuh dan dapat dipahami secara jelas kesimpulan akhirnya. Populasi dari penelitin ini adalah terdiri dari 20 orang yang bersekolah dan 5 orang yang tidak bersekolah. Teknik pengambilan sampelnya adalah total sampling , teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan studi perpustakaan. Hasil penelitian yang dilakukan Di Desa Sungai Tohor Barat Kecamatan Tebing Tinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti dimana anak-anak suku akit daerah terpencil disana sudah mendapatkan hak pendidikannya walau hanya sekitar 80% yang mendapatkan pendddikan, hal ini diatur berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dan yang tidak bersekolah hanya sekitar 20% hal ini disebabkan oleh faktor penghambat mereka yaitu orang tua mereka dan guru. kesimpulan dalam penelitian ini adalah dimana anak suku akit sudah mendapatkan perlindungan hak pendidikan dari aparatur pemerintahan sebagaimana hal semestinya yang harus mereka dapatkan sama seperti anak yang lainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Dec 2019 02:56
Last Modified: 05 Dec 2019 02:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22895

Actions (login required)

View Item View Item