ANALISA PENGARUH PID PADA PENGENDALI MRAC DENGAN PENAMBAHAN NILAI GAMMA PADA SISTEM PENDINGIN JAMUR MERANG UNTUK MENGENDALIKAN TEMPERATUR

Yanda Pramana Yuda, - (2019) ANALISA PENGARUH PID PADA PENGENDALI MRAC DENGAN PENAMBAHAN NILAI GAMMA PADA SISTEM PENDINGIN JAMUR MERANG UNTUK MENGENDALIKAN TEMPERATUR. Skripsi thesis, universitas islam negeri sultan syarif kasim riau.

[img] Text (BABIV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TUGAS AKHIR YANDA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jamur merang memiliki umur simpan yang pendek. Jamur merang dapat diawetkan pada ruang penyimpanan dengan suhu 5ºC. untuk menjaga suhu diperlukan pengendali. Dalam penelitian ini mengusulkan menggunakan pengandali MRAC sebab memiliki sifat dimana keluaran sistem mampu mengikuti model referensinya. Dalam pengendalian MRAC penambahan nilai gamma dapat dilakukan apabila masih dalam standard MIT Rule. Apabila penambahan nilai gamma mempengaruhi respon sistem, maka dengan penambahan kendali PID akan lebih mempengaruhi respon sistem. Berdasarkan hasil simulasi menggunakan MRAC pada sistem pendingin jamur merang dengan penambahan satu, dua dan tiga gamma masih mengalami error steady state. Metode yang digunakan pada kendali MRAC adalah MIT Rule dan pada PID adalah Heuristik. Berdasarkan hasil pengujian MRAC tiga gamma mampu menghasilkan respon yang dengan nilai settling time 1.560 detik dan rise time 869 detik namun masih menghasilkan osilasi dan memiliki error steady state sebesar 0,003ºC. Setelah dilakukan kombinasi pengendali MRAC dengan PID dengan parameter Kp pada nilai 1,5, Ki pada nilai 0,1, dan Kd pada nilai 4 menghasilkan nilai settling time 1.593 detik dan rise time 884 detik dan error steady state sebesar 0 ºC. Maka pengaruh penambahan PID yaitu dapat meredam error steady state yang terjadi sebelumnya. Kata Kunci : Gamma, Jamur Merang, MIT Rule, MRAC, PID.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 29 Nov 2019 08:00
Last Modified: 29 Nov 2019 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22880

Actions (login required)

View Item View Item