Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN TATA ANGKA TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN LOGIKA-MATEMATIKA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH AIRTIRIS KAMPAR

LIDYA ERVINDA, - (2019) PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN TATA ANGKA TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN LOGIKA-MATEMATIKA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH AIRTIRIS KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Lidya Ervinda, (2019): Pengaruh Penerapan Permainan Tata Angka terhadap Perkembangan Kecerdasan Logika-Matematika Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Airtiris Kampar Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terhadap perkembangan kecerdasan logika-matematika pada anak didik belum berkembang dengan optimal sehingga perlu dilakukan penerapan permainan tata angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan tata angka terhadap perkembangan kecerdasan logika-matematika pada anak di TK Aisyiyah Airtiris Kampar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari dua kelas yaitu B1 berjumlah 13 orang anak dan B2 berjumlah 13 orang anak. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS 17. Hipotesis penelitian adalah kegiatan penggunaan permainan tata angka mempunyai pengaruh terhadap perkembangan kecerdasan logika-matematika pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Airtiris Kampar. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisa data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen yang diperoleh thitung =56.268 dan Sig.(2-tailed) =0,000. Karena Sig.(2-tailed)= 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan permainan tata angka dalam pembelajaran. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh permainan tata angka sebelum dan sesudah perlakuan. Pengaruh permainan tata angka terhadap perkembangan kecerdasan logika-matematika pada anak di TK Aisyiyah sebesar 81,69% Kata kunci: Perkembangan Kecerdasan Logika-Matematika, Permainan Tata Angka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Nov 2019 04:29
Last Modified: 29 Nov 2019 04:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22863

Actions (login required)

View Item View Item