Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru

M. Syakur, - (2019) Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK M. Syakur, (2019): Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Penggunaan Metode Resitasi (Variabel X) dan Keaktifan Belajar Siswa (Variabel Y). Studi ini untuk menjawab permasalahan, 1) Bagaimana penggunaan metode resitasi di Mts Darul Hikmah Pekanbaru, 2) Bagaimana keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Mts Darul Hikmah Pekanbaru, 3) Apakah ada Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Mts Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini mengambil sampel 50 % dari jumlah populasi sebesar 128 siswa untuk dijadikan sample, yaitu sebanyak 64 siswa. Jenis penelitian ini adalah regresi untuk menjawab permasalahan pertama dan kedua peneliti menggunakan teknik deskriptif kualitatif sedangkan untuk menjawab permasalahan yang ketiga peneliti menggunakan teknik korelasi product moment dibantu melalui program SPSS 23.0. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan untuk angket dalam bentuk skala Likert. Berdasarkan hasil perhitungan pada variabel x (penggunaan metode resitasi) adalah 76,42. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode resitasi termasuk kategori “Baik” yaitu pada interval 61-80. Sedangkan hasil perhitungan pada variabel y (keaktifan belajar siswa) adalah 67,35. Hal ini menunjukkan keaktifan belajar siswa di pada mata pelajaran Fiqih di MTs Darul Hikmah “Baik” yaitu pada interval 61-80. Berdasarkan teknik korelasi product moment dengan di bantu SPSS 23.0 diperoleh nilai hitung sebesar 0,540. Pada tarif signifikan 5% = 0,242. Besar persentase pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 23,2%. Sehingga dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode resitasi terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Darul Hikmah Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Nov 2019 08:01
Last Modified: 28 Nov 2019 08:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22860

Actions (login required)

View Item View Item