Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Mayang Pekanbaru

WIDYA ANGGRAINI SELIAN, - (2019) Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Mayang Pekanbaru. Skripsi thesis, universitas islam negeri sultan syarif kasim riau.

[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI WIDYA BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI WIDYA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya beberapa permasalahan perkembangan bahasa anak sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Mayang Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni–Oktober 2019 bertempat di TK Mayang Kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah Murid-murid di TK Mayang Kota Pekanbaru, terdiri dari dua kelas yang akan diteliti oleh peneliti yaitu B2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 15 murid dan B3 sebagai kelas kontrol berjumlah 16 murid, jumlah keseluruhan 31 murid, sedangkan objek penelitian ini adalah Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Mayang Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Tk Mayang Pekanbaru bahwa pengaruh penggunaan media buku cerita bergambar dapat mempengaruhi perkembangan bahasa anak dengan data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen dengan menggunakan uji-t maka diperoleh thitung = 20,051 dan Sig. (2-tailed) = 0.000. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan media buku cerita bergambar terhadap perkembangan bahasa anak. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan media buku cerita sebelum dan sesudah terhadap perkembangan bahasa anak yang berada pada kelas eksperimen. Pengaruh penggunaan media buku cerita terhadap perkembangan bahasa anak kelompok B di TK Mayang Pekanbaru sebesar 66,76%. Kata kunci : Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar, Perkembangan Bahasa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Nov 2019 04:26
Last Modified: 29 Nov 2019 04:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22853

Actions (login required)

View Item View Item