PENERAPAN METODE HAFALAN DENGAN TEKNIK BAGIAN-BAGIAN UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SDN 018 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Gusniarti, (2011) PENERAPAN METODE HAFALAN DENGAN TEKNIK BAGIAN-BAGIAN UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SDN 018 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011458.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode hafalan dengan teknik bagian-bagian dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek pada bidang studi pendidikan agama islam pada siswa kelas IV SDN 018 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar? Penelitian ini dilaksanakan di SDN 018 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Subjek dalam Penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 018 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Siswa laki-laki 8 orang, sedangkan siswa perempuan 12 siswa. Objek penelitian adalah peningkatan kemampuan menghafal surat al-kautsar, al-ashr, dan an-nashr melalui penerapan metode hafalan dengan teknik bagian-bagian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, tes Hafalan siswa dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang kemampuan menghafal yang dilakukan sebanyak 7 kali pertemuan dengan rincian satu kali pertemuan tanpa tindakan dan enam kali pertemuan dengan penerapan metode hafalan dengan teknik bagian-bagian. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menghafal yang signifikan setelah penerapan metode hafalan dengan teknik bagian-bagian. Dapat dilihat dari nilai rata-rata (mean) sebelum tindakan lebih kecil dari mean setelah tindakan, dimana mean sebelum tindakan 46,67 %. Mean setelah tindakan pada siklus I 66,67% dan mean pada siklus II 73,33%, sedangkan pada siklus III 83,33. Pada siklus III terjadi peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 06:48
Last Modified: 01 Feb 2016 06:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2285

Actions (login required)

View Item View Item