PENILAIAN TINGKAT PENGELOLAAN SISTEM LAYANAN PENGADUAN MENGGUNAKAN COBIT 5 DOMAIN DSS03

JAYANTI PERMATASARI, - (2019) PENILAIAN TINGKAT PENGELOLAAN SISTEM LAYANAN PENGADUAN MENGGUNAKAN COBIT 5 DOMAIN DSS03. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
SKRIPSI JAYANTI PERMATASARI.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penilain Tingkat Pengelolaan merupakan suatu penilaian yang dilakukan untuk mengukur sejauh mana kemampuan pada suatu proses dalam mencapai tujuan bisnis saat ini maupun dimasa yang akan mendatang pada suatu layanan. Penilaian dilakukan bertujuan untuk mengelola operasional layanan TI agar dapat terlaksana sesuai dengan yang direncanakan dan mengidentifikasi level kapabilitas proses tertentu serta menentukan langkah selanjutnya untuk melakukan peningkatan ter- hadap kapabilitas pada suatu sistem layanan TI. Pengelolaan Teknologi Informasi dapat digunakan dalam menjamin keefisiensi dan pencapaian kualitas layanan yang baik, mulai dari segi tujuan bisnis perusahaan, tercapainya visi misi pada Dinas Pemerintahan. Salah satunya pengelolaan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau, Tujuan dari DPMPTSP Provinsi Riau yaitu memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pelayanan perizinan dan Nonperizinan kepada masyarakat dengan cepat, efisien, responsif, integritas dan akuntable (CERIA) sesuai dengan tata kelola pemerintahan yang baik. Namun, setelah dilakukannya wawancara oleh pihak pelayanan pengaduan ternyata terdapat permasalahan mengenai ketidakakuratan sebuah data yang ada pada sistem pengaduan online ketika pemohon menginputkan sebuah data yang telah diisi pada form pengaduan online dan setelah dikonfirmasi oleh pemohon, namun hasilnya tidak sesuai dengan yang terjadi. Dengan adanya permasalahan tersebut maka dilakukan sebuah penelitian menggunakan COBIT 5 Domain DSS03 yang akan dijadikan sebagai solusi dalam tata kelola teknologi informasi yang ada. Setelah dilakukannya perhitungan terhadap kuesioner yang telah didapat, hasilnya adalah tingkat kapabilitas mencapai level 3 dengan status Large Achieved sebesar 80.23%. hasil yang didapat tersebut menunjukan bahwa DPMPTSP belum mencapai target pengelolaan yang baik pada sistemnya. Kata Kunci: COBIT 5 Domasin DSS03, Large Achieved, Penilaian, Sistem Pengaduan Online, Tingkat Pengelolaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Nov 2019 02:38
Last Modified: 28 Nov 2019 02:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22842

Actions (login required)

View Item View Item