Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE PERMAINAN SAINS PENGGABUNGAN WARNA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK BINTANG MULIA RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG

WIDIA ASMARITA, - (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE PERMAINAN SAINS PENGGABUNGAN WARNA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK BINTANG MULIA RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
FULL SKRISI.pdf

Download (13MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Widia Asmarita, (2019): Pengaruh Penerapan Metode Permainan Sains Penggabungan Warna Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Bintang Mulia Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan bahwa kognitif anak belum berkembang dengan optimal, sehingga perlu dilakukan penerapan metode permainan sains penggabungan warna. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode permainan sains penggabungan warna terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Bintang Mulia Rimbo Panjang Kecamatan Tambang. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak dengan objeknya pengaruh penerapan metode permainan sains penggabungan warna terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B. Populasi penelitian ini berjumlah 40 orang anak, sedangkan sampel penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari dua kelas yaitu B1 bejumlah 10 orang anak sebagai kelas kontrol dan B2 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang artinya adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows Ver.17. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode permainan sains penggabungan warna terhadap perkembangan kognitif anak. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan preteset dan posttes kelas eksperimen yang diperoleh thitung = 3,737 dan Sig. (2-tailed) =2.262. Karena nilai (Sig.2-tailed) = 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah penerapan metode permainan sains penggabungan warna dalam pembelajaran. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh penerapan metode permainan sains penggabungan warna terhadap perkembangan kognitif anak yang berada pada kelas eksperimen. Pengaruh penerapan metode permainan sains penggabungan warna terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Bintang Mulia Kecamatan Tambang sebesar 83,22%. Kata Kunci: Permainan Sains Penggabungan Warna, Perkembangan Kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Nov 2019 02:58
Last Modified: 28 Nov 2019 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22841

Actions (login required)

View Item View Item