Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI RAUDHATUL JANNAH PEKANBARU

MAYA SARI, - (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI RAUDHATUL JANNAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (15MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Maya Sari, (2019): Pengaruh Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Bahasa Anak di Pendidikan Anak Usia Dini Raudhatul Jannah Pekanbaru Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan terhadap kemampuan bahasa anak yang belum berkembang dengan optimal sehingga perlu dilakukan penerapan metode bernyanyi yang sesuai dengan tema. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bernyanyi terhadap kemampuan bahasa anak di Pendidikan Anak Usia Dini Raudhatul Jannah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak dengan pengaruh penerapan metode bernyanyi terhadap kemampuan bahasa anak kelompok B. Populasi penelitian ini berjumlah 20 orang anak, sedangkan sampel penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari dua kelas yaitu B1 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas eksperimen dan B2 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang artinya adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver.17. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode bernyanyi terhadap kemampuan bahasa anak. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen yang diperoleh thitung = 35,839. Karena nilai (Sig.2-tailed) = 0,000<0,05. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan metode bernyanyi dalam pembelajaran. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh penerapan metode bernyanyi sebelum dan sesudah terhadap kemampuan bahasa anak yang berada pada kelas eksperimen. Pengaruh penerapan metode bernyanyi terhadap kemampuan bahasa anak di Pendidikan Anak Usia Dini Raudhatul Jannah Pekanbaru sebesar 91,90%. Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Kemampuan Bahasa Anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Nov 2019 02:42
Last Modified: 28 Nov 2019 02:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22840

Actions (login required)

View Item View Item