PELAKSANAAN PENCATATAN DAN PENERBITAN AKTA KEMATIAN MENURUT PERATURAN DAERAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU NOMOR 14 TAHUN 2014 TENTANG PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

SINTA DAHLIA PATMAWATI, - (2019) PELAKSANAAN PENCATATAN DAN PENERBITAN AKTA KEMATIAN MENURUT PERATURAN DAERAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU NOMOR 14 TAHUN 2014 TENTANG PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Pelaksanaan Pencatatan dan Penerbitan akta kematian Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Indragiri Hulu Nomor 14 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan ( Studi Desa Pasir Kelampaian, Kecamatan Sei.Lala Kabupaten Indragiri Hulu)”. Yang menjadi latar belakang skripsi ini adalah Sejak dikeluarkannya Peraturan Daerah tersebut lebih kurang 3 tahun terakhir sebanyak 25 orang penduduk yang meninggal dunia di Desa Pasir Kelampaian tidak dicatatkan dan tidak diterbitkan akta kematian, sementara hal ini bertentangan dengan Peraturan Daerah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pasir Kelampaian Kecamatan Sei.Lala Kabupaten Indragiri Hulu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pelaksanaan pencatatan dan penerbitan Akta Kematian di Desa Pasir Kelampaian Kecamatan Sei Lala Kabupaten Indragiri Hulu dan untuk mengetahui faktor penghambat pelaksanaan pencatatan dan penerbitan akta Kematian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis, yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan yakni data yang diperoleh langsung dari hasil wawancara, dan angket yang disebar di Desa Pasir Kelampaian Kecamatan Sei Lala Kabupaten Indragiri Hulu sebagai sumber pertama melalui penelitian lapangan. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa pencatatan dan penerbitan akta kematian berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Indragiri Hulu Nomor 14 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan tidak berjalan secara efektif dalam melakukan penerapannya. Hal ini dapat dilihat dari tanggapan responden, beberapa alasan yang menyebabkan tidak efektivnya pelaksanaan Peraturan daerah mengenai pencatatan dan penerbitan akta kematian yaitu sosialisasi peraturan daerah yang tidak sampai langsung kepada masyarakat, kurangnya kesadaran masyarakat terhadap fungsi kutipan akta kematian, tidak adanya sanksi terhadap masyarakat yang tidak memiliki kutipan akta kematian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Nov 2019 02:29
Last Modified: 28 Nov 2019 02:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22837

Actions (login required)

View Item View Item