Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Efektivitas Bantuan Modal Agribisnis Dalam Mengurangi Tingkat Kemiskinan Di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar Ditinjau Menurut Ekonomi Islam.

AHMAD FAIZ, - (2019) Pengaruh Efektivitas Bantuan Modal Agribisnis Dalam Mengurangi Tingkat Kemiskinan Di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi Ini Adalah Pengaruh Efektivitas Bantuan Modal Agribisnis Dalam Mengurangi Tingkat Kemiskinan Di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Kemiskinan dapat mempengaruhi pembangunan sumber daya manusia dalam agama Islam, kemiskinan dapat mengancam kestabilan pemikiran, dimana apabila seseorang atau keluarga dalam keadaan miskin sedangkan mereka ingin hidup serba mewah maka pikiran-pikiran buruk pasti terlintas dalam pikiran mereka untuk memperoleh kemewahan tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: bagaimanakah pengaruh efektifitas bantuan modal agribisnis terhadap mengurangi tingkat kemiskinan di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar, selanjutnya bagaimanakah tinjauan ekonomi Islam terhadap pengaruh efektifitas bantuan modal agribisnis terhadap mengurangi tingkat kemiskinan pada pemerintah Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Lokasi penelitian ini ialah di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis instrumen angket (validitas dan reliabilitas), uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Subjek dalam penelitian ini ialah penerima bantuan modal agribisnis pemerintah Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh efektivitas bantuan modal agribisnis dalam mengurangi tingkat kemiskinan. Selanjutnya populasi dalam penelitian ini adalah 320 orang, sedangkan yang menjadi sampel adalah 64 masyarakat yang menerima bantuan modal agribisnis di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, Setelah dianalisis dengan bantuan SPSS Versi 21.00 bahwasanya variabel efektivitas bantuan modal agribisnis berpengaruh terhadap mengurangi tingkat kemiskinan pada pemerintah Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar dengan besaran pengaruh yang diberikan sebesar 50,4%. Kedua, Pemberian modal agribisnis oleh pemerintah daerah Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar sesuai dengan prinsip utama dalam Islam dalam upaya pengentasan kemiskinan. Selain itu Upaya pemerintah Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar dalam mengurangi tingkat kemiskinan pada masyarakat dengan melalui pemberian modal agribisnis merupakan wujud dari upaya memberikan perhatian, pembelaan dan perlindungan terhadap kelompok miskin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Nov 2019 08:02
Last Modified: 26 Nov 2019 08:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22823

Actions (login required)

View Item View Item