Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Bengkel Las Di Kecamatan Kampar Menurut Perspektif Ekonomi Islam

INDRA SETIAWAN, - (2019) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Bengkel Las Di Kecamatan Kampar Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
7 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Bengkel Las Di Kecamatan Kampar Menurut Perspektif Ekonomi Islam.” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak orderan yang komplain terhadap hasil kerja las yang diberikan oleh pihak bengkel las. Lokasi penelitian ini adalah usaha bengkel las yang ada di Kecamatan Kampar. Tujuan penlitian ini yaitu untuk mengetahui apakah faktor Reliabilitas, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Bukti Fisik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada usaha bengkel las di Kecamatan Kampar serta tinjauan ekonomi islam terhadap kepuasan pelanggan pada usaha bengkel las di Kecamatan Kampar. Data penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah usaha bengkel las yang ada di Kecamatan Kampar yaitu 10 buah usaha dan para Orderan pada usaha bengkel las Perdana Las R4 dan bengkel las Baja Las. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 orang pemilik usaha bengkel las yaitu bengkel las Perdana Las R4 dan bengkel las Baja Las dan 120 orang Orderan yang diambil dari jumlah Orderan bulan Januari sampai Mei 2019 dengan teknik Purposive Sampling. Kriteria yang dipakai peneliti untuk memilih sampel adalah usaha bengkel las yang cukup besar dan jumlah orderan yang cukup banyak. Penelitian ini memperoleh data dengan cara observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor Reliabilitas, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Bukti Fisik terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai regresi Reliabilitas 0.170, Daya Tanggap 0.186, Jaminan 0.233, Empati 0.201 dan Bukti Fisik 0.305, nilai T hitung Reliabilitas 3.439, Daya Tanggap 3.741, Jaminan 5.328, Empati 3.685 dan Bukti Fisik 6.188 yang semuanya melebihi nilai T tabel sebesar 1.980, dan nilai F hitung sebesar 214.213 yang lebih besar dari F tabel 2.29, serta Kepuasan Pelanggan dapat dijelaskan oleh faktor Reliabiltias, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Bukti Fisik sebesar 90.4% dan sisanya 9.6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Usaha bengkel las di Kecamatan Kampar telah sesuai standar syariah yang dapat dilihat pada surat An-Nahl ayat 91 tentang Reliabilitas, surat Ali-Imran ayat 159 tentang Daya Tanggap, Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah tentang Jaminan, surat An-Nahl ayat 90 tentang Empati dan surat Al-A’raf ayat 26 tentang Bukti Fisik. Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Orderan, Bengkel Las

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:50
Last Modified: 26 Nov 2019 07:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22821

Actions (login required)

View Item View Item