Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

POTENSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR SEMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA DENGAN PENDEKATAN MODEL ALTMAN Z-SCORE, SPRINGATE, ZMIJEWSKI DAN GROVER

Ria Gustin, - (2019) POTENSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR SEMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA DENGAN PENDEKATAN MODEL ALTMAN Z-SCORE, SPRINGATE, ZMIJEWSKI DAN GROVER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
8.BAB 5 .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK POTENSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR SEMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA DENGAN PENDEKATAN MODEL ALTMAN Z-SCORE, SPRINGATE, ZMIJEWSKI DAN GROVER OLEH: RIA GUSTIN 11770123530 Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kebangkrutan pada sampel yang digunakan dengan menggunakan model Z-Score, Springate, Zmijewski dan Grover dan mengetahui perbedaan penggunaan metode Altman Z-Score, Springate, Zmijewski dan Grover dalam memprediksi kebangkrutan pada perusahaan Manufaktur Subsektor Semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Peneltian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder. Sampel yang digunakan sebanyak 5 perusahaan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini di analisis dengan menggunakan uji One Way ANOVA dan Uji Lanjut Post Hoc yaitu Uji Duncan dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prediksi kebangkrutan dengan model Z-Score memprediksi 1 perusahaan mengalami kebangkrutan, dengan model Springate memprediksi 2 perusahaan mengalami kebangkrutan, dengan model Grover memprediksi 1 perusahaan mengalami kebangkrutan dan dengan model Zmijewski tidak terdapat kebangkrutan pada sampel yang di prediksi. Berdasarkan uji One Way ANOVA Siginifikansinya sebesar 0,000 yang artinya 0,000<0,05 berarti Ha di terima. Dan berdasarkan Uji Duncan dapat disimpulkan bahwa model Zmijewski memberikan hasil yang baik dari model lainnya. Dan keakuratan prediksi kebangkrutan menyimpulkan bahwa model Zmijewski dengan tingkat akurasi tertinggi yaitu sebesar 100% diikuti model Z-Score dan Grover dengan tingkat akurasi 80% dan yang terakhir adalah model Springate dengan tingkat akurasi 60%. Kata Kunci : Kebangkrutan, Model Prediksi, Laporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 26 Nov 2019 06:54
Last Modified: 26 Nov 2019 06:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22818

Actions (login required)

View Item View Item