Strategi Diferensiasi Produk dalam Meningkatkan Penjualan pada Usaha Pembibitan Tanaman Menurut Ekonomi Syariah.

PINNA FIFIANA, - (2019) Strategi Diferensiasi Produk dalam Meningkatkan Penjualan pada Usaha Pembibitan Tanaman Menurut Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text
SKRIPSI PINNA FIFIANA.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul: Strategi Diferensiasi Produk dalam Meningkatkan Penjualan pada Usaha Pembibitan Tanaman Menurut Ekonomi Syariah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan agribisnis pembibitan tanaman yang dewasa ini semakin menjamur, usaha ini merupakan cabang usaha yang sangat prospek untuk diusahakan di Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang, dapat dilihat dari banyaknya usaha pembibitan tanaman yang telah berdiri di tempat-tempat yang dianggap dapat menarik konsumen. Karena banyaknya usaha sejenis sehingga mengakibatkan timbulnya persaingan, khususnya dari segi produk. Untuk mengatasinya, pengusaha harus menentukan strategi diferensiasi poduk yang mampu meningkatkan penjualan. Tujuan penelitian ini yaitu, mengetahui strategi diferensiasi produk dalam meningkatkan penjualan usaha pembibitan tanaman di Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang dan mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap strategi diferensiasi produk tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang berlokasi pada usaha pembibitan tanaman di Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang. Popolasi dari penelitian ini adalah pemilik usaha pembibitan tanaman sebanyak 12 pengusaha dan penulis mengambil sampel sebanyak 12 pengusaha dengan menggunakan teknik total Sampling. Data yang digunakan adalah data primer, data sekunder, dan data tersier. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi diferensiasi produk dalam meningkatkan penjualan yang diterapkan oleh pengusaha pembibitan tanaman di Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang sudah cukup baik dan efektif. Adapun langkah yang digunakan berdasarkan bentuk berupa banyaknya jenis tanaman dengan ukuran yang bervariasi, berdasarkan fitur adanya keunikkan pada produk yang ditawarkan sehingga berbeda dengan produk pesaing, mutu kinerja menunjukkan kualitas produk dari bibit unggulan dan menggunakan pupuk berkualitas, mutu kesesuaian produk yang ditawarkan sesuai dengan spesifikasi permintaan konsumen, produk memiliki daya tahan dan keandalan, serta produk memiliki nilai plus dimata konsumnen melalui desain kemasan produk yang menarik. Menurut Ekonomi Syariah, strategi diferensiasi produk yang diterapkan pengusaha pembibitan tanaman sudah sesuai dengan prinsip Islam, namun tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti terjadi penyimpangan dalam transaksi jual beli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Nov 2019 04:07
Last Modified: 26 Nov 2019 04:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22811

Actions (login required)

View Item View Item