Analisis Kepuasan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang pada PT. Indah Logistic Cargo Cabang Bangkinang Menurut Perspektif Ekonomoi Islam.

Jamal Iskandar, - (2019) Analisis Kepuasan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang pada PT. Indah Logistic Cargo Cabang Bangkinang Menurut Perspektif Ekonomoi Islam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Jamal Iskandar, (2019) : Analisis Kepuasan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang pada PT. Indah Logistic Cargo Cabang Bangkinang Menurut Perspektif Ekonomoi Islam. Latar belakang pada penelitian ini yaitu ada banyaknya perusahaan pengiriman barang di Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Salah satunya adalah PT. Indah Logistic Cargo dimana perusahaan pengiriman barang ini mematok harga yang lebih rendah dibandingkan pesaingnya, letak perusahaan sangat strategis, mudah dijangkau masyarakat, pelayanan dan promosi juga sudah dijalani dengan sangat baik. Akan tetapi pendapatan yang diterima malah menurun dan jumlah konsumen juga mengalami fluktuasi. adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana tingkat kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada PT. Indah Logistic Cargo cabang Bangkinang dan bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada PT. Indah Logistic Cargo cabang Bangkinang Adapun populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar yang menggunakan jasa pengiriman barang pada PT. Indah Logistic Cargo cabang Bangkinang. sebanyak 1367 diambil 10 % mengunakan rumus slovin. Jadi sampel dalam penelitian ialah 93 orang dengan teknik accidental sampling.g pengumpulan data, observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini adapun analisis dari tingkat kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada PT. Indah Logistic Cargo jika diurutkan dari persentase dari yang tertinggi adalah citra dari perusahaan dengan persentase 79,6% atau 74 orang di ikuti dengan faktor persaingan 68,8% atau 64 orang, kinerja dari karyawan 62,4% atau 58 orang, hubungan harga dengan nilai 61,3% atau 57 orang, dan performa jasa 57% atau 53 orang. Sedangkan dari faktor sistem pengiriman belum dikatakan efektif yang mana dengan persentasen 44% atau 41 orang dari responden memberikan tanggapan pengiriman kurang cepat dari pengiriman lain ini yang dapat mengakibatkan penurunan dari jumlah konsumen yang melakukan pengiriman barang pada PT. Indah Logistic Cargo. Dan pada umumnya upaya yang dilakukan dalam melakukan pemasaran dapat ditinjau dengan teori marketing syariah. Hal ini dapat dilihat dari produk yang jelas yang mana dalam islam harus tolong menolong, harga yang ditetapkan juga pantas dan tidak mencurangi timbangan untuk transaksi perusahaan, tempat yang bersih, dan dalam menyampaikan promosi mereka bersikap ramah tamah terhadap konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:34
Last Modified: 26 Nov 2019 07:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22805

Actions (login required)

View Item View Item