METODE JALALUDDIN AL-SUYUTHI DALAM MENAFSIRKAN AL-QUR’AN ( Tinjauan Terhadap Tafsir Al-Durr Al-Mantsur Fi Al-Tafsir Al-Ma’tsur)

Sri Mahrani, (2011) METODE JALALUDDIN AL-SUYUTHI DALAM MENAFSIRKAN AL-QUR’AN ( Tinjauan Terhadap Tafsir Al-Durr Al-Mantsur Fi Al-Tafsir Al-Ma’tsur). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201139.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Metode Imam Jalaluddin al-Suyuthi dalam Menafsirkan al-Qur’an (tinjauan terhadap tafsir al-Durr al-Mantsur fi al-Tafsir al Ma’tsur).” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan metode penafsiran al-Suyuthi dengan yang lain, perbedaan tersebut terletak pada sistematika penggunaan pandangan pribadi al-Suyuthi dalam menafsirkan ayat al Qur’an, dimana dalam menafsirkan ayat beliau tidak menggunakan unsur ra’yu kedalam tafsirnya, perbedaan cara penafsiran ini membuat penulis ingin mengetahui tentang bagaimana metode yang digunakan oleh al-Suyuthi dalam menafsirkan al-Qur’an melalui karyanya al-Durr al-Mantsur fi al-Tafsir al Ma’tsur, dan bagaimana pengaruh kitab tersebut terhadap pemikiran ulama sesudahnya. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang merujuk pada literatur literatur buku, maka sebagai data primer penulis mengambil dari kitab tafsir al Durr al-Mantsur fi al-Tafsir bi al-Ma’tsur karya Jalaluddin al-Suyuthi, sedangkan data sekundernya diambil dari buku-buku yang ada kaitannya dengan masalah tafsir atau objek kajian dalam penelitian ini. Setelah mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan di atas, maka dapat dijawab bahwa tafsir tersebut jika dikaitkan dengan sumber tafsir maka dapat dikategorikan sebagai tafsir bi al-ma’tsur, sedangkan jika tafsir al Durr al-Mantsur ditinjau dari segi manhaj tafsir, maka tafsir tersebut menggunakan manhaj tahlili (analisis). Berbicara tentang pengaruh kitab tafsir al-Durr al-Mantsur terhadap pemikiran ulama sesudah al-Suyuthi, maka kitab tersebut sangat berpengaruh terhadap pemikiran ulama sesudahnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya ulama yang menjadikannya sebagai bahan rujukan ketika menulis sebuah karya ilmiah baik yang berkaitan dengan masalah tafsir, ulum al-Qur’an, hadits dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 29 Dec 2015 04:18
Last Modified: 29 Dec 2015 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item