Analisis Mekanisme Pasar Tradisional Simpang Baru Panam-Pekanbaru Terhadap Kepuasan Konsumen Menurut Ekonomi Islam

Siska Desmianti,, - (2019) Analisis Mekanisme Pasar Tradisional Simpang Baru Panam-Pekanbaru Terhadap Kepuasan Konsumen Menurut Ekonomi Islam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNG.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)

Abstract

Latar belakang penulis mengambil judul ini karena penulis sering berbelanja keperluan sehari-hari di pasar tersebut. Jadi, penulis tertarik ingin mengetahui bagaimana analisis mekanisme pasar di pasar tradisional Simpang Baru Panam-Pekanbaru terhadap konsumen sudah berjalan dengan baik dan benar atau belum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis mekanisme pasar pada pasar tradisional Simpang Baru Panam-Pekanbaru terhadap kepuasan konsumen, dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam tentang analisis mekanisme pasar pada pasar tradisional Simpang Baru Panam-Pekanbaru terhadap kepuasan konsumen. Subjek penelitian ini adalah para pembeli di pasar tradisional Simpang Baru Panam-Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah analisis mekanisme pasar tradisional Simpang Baru Panam-Pekanbaru terhadap kepuasan konsumen menurut Ekonomi Islam. Populasi penelitian ini adalah para pembeli di pasar tradisional Simpang Baru Panam-Pekanbaru yang berjumlah sekitar 200 pedagang. Dengan sampel sebanyak 30 orang atau 15% dari keseluruhan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, angket, studi pustaka dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan metode penulisan yang digunakan ada tiga metode yaitu metode deduktif, metode induktif dan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan analisis mekanisme pasar pada pasar tradisional Simpang-Baru Panam-Pekanbaru terhadap kepuasan konsumen pada umumnya berdasarkan faktor-faktor dalam menentukan tingkat kepuasan konsumen di antaranya dilihat dari kualitas produknya sudah bagus, dilihat dari kualitas pelayanan sudah baik dan konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pedagang di pasar tersebut, dilihat dari emosional masih terdapat emosional antara pedagang dan pembeli dalam bertransaksi jual beli, dilihat dari harga ada terjadinya penawaran harga dalam bertransaksi jual beli dan kualitas barang mempengaruhi harga jual, dilihat dari biaya ada sebagian masih mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan produk dan jasa dan sebagian lagi tidak. Tinjauan ekonomi Islam menunjukkan analisis mekanisme pasar di pasar tradisional Simpang Baru Panam-Pekanbaru terhadap kepuasan konsumen sudah sesuai, karena kepuasan konsumen berdasarkan faktor-faktor yang tidak melanggar ketentuan ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:25
Last Modified: 26 Nov 2019 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22790

Actions (login required)

View Item View Item