Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SINGINGI

SRI AYU WANDIRA, - (2019) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Sri Ayu Wandira, (2019) : Pengaruh Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Mengajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singingi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi mengajar terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singingi. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singingi, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi mengajar terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang berjumlah 51 orang, karena populasinya tidak banyak maka penulis tidak mengambil sampel. Keterampilan guru mengadakan variasi mengajar terkategori “Sangat Baik” dengan persentase 81.91% dan keaktifan belajar siswa terkategori “Baik” dengan persentase 80,31%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi mengajar terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singingi. Hal ini terlihat dari rhitung > rtabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,279 <0,671> 0,361), sehingga H_o ditolak dan H_a diterima. Besar persentase pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi mengajar terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 45,0% sedangkan sisanya sebesar 55,0% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Keterampilan Guru, Mengadakan Variasi, dan Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Nov 2019 08:22
Last Modified: 25 Nov 2019 08:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22783

Actions (login required)

View Item View Item