PENGGUNAAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HUKUM BACAAN AL-SYAMSIYAH DAN AL-QAMARIYAH DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH AL FALAH JANGKANG.

Pairah, (2011) PENGGUNAAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HUKUM BACAAN AL-SYAMSIYAH DAN AL-QAMARIYAH DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH AL FALAH JANGKANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011401.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Dilatarbelakangi dari sebuah realitas yang penulis alami selama menjadi guru Pendidikan Agama Islam, bahwa motivasi siswa dalam proses belajar mengajar di kelas sangat minim. Hal itu terlihat dari kefakuman dalam segala hal. Seperti masih ada siswa yang kurang menanggapi pertanyaan dari guru, siswa sering keluar masuk saat proses pembelajaran, masih ada siswa yang ngantuk pada saat proses pembelajaran, siswa tidak mau bertanya dan mengeluarkan ide-ide dan pendapatnya serta masih ada siswa yang bermain saat proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal ini penulis berupaya mengatasi hal ini dengan menerapkan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB), melalui penelitian tindakan kelas (PTK), yang penulis kemas dalam sebuah skripsi yang berjudul Penggunaan metode drill untuk meningkatkan kemampuan membaca hukum bacaan Al-Syamsiyah dan Al Qamariyah dalam pembelajaran Al-quran pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Jangkang. Penelitian tindakan kelas ini, dengan penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB) ini dapat memberikan motivasi balajar siswa. Adapun tekhnik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehknik observasi, yang dilakukan pada dua siklus dengan empat kali pertemuan. Dari data yang diperoleh dari observasi maka data tersebut dianalisa dengan menggunakan rumus. Berdasarkan data hasil pengamatan pada MTs Al-Falah Jangkang, maka setelah dilakukan tindakan maka terjadi peningkatan yang sangat signifikan, yaitu mencapai anggka 90%. Untuk itu, hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa melalui metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca hokum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:42
Last Modified: 01 Feb 2016 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2278

Actions (login required)

View Item View Item