PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN KARTU PANGGILAN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMAN I SINGINGI HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Syahrul, (2011) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN KARTU PANGGILAN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMAN I SINGINGI HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011398.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh teknik pembelajaran Kartu Panggilan terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMAN 1 Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan dari teknik pembelajaran Kartu Panggilan terhadap aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas X SMAN 1 Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singing?”. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Singingi Hilir Kabupaten Kuantang Singingi tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Pembelajaran Kartu Panggilan, dan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi yang dilakukan setiap kali penerapan. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan teknik korelasi product moment dengan sampel kecil. Sampel kecil dalam penelitian ini adalah jumlah subjek yang berjumlah 28 orang siswa. Setelah dianalisis diketahui terdapat peningkatan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PAI sebelum penerapan dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PAI setelah penerapan teknik pembelajaran kartu panggilan. Dengan hasil rxy = 0.685 lebih besar dari rt ( r tabel) pada taraf siginifikan 5% maupun 1% (0,374<0.685> 0,478). Ini berarti HO ditolak, Ha diterima. Berdasarkan kriteria pengujian, maka Ha diterima. Artinya terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Hasilnya ada peningkatan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X SMAN I Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi dengan penerapan teknik pembelajaran kartu panggilan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:39
Last Modified: 01 Feb 2016 04:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2276

Actions (login required)

View Item View Item