Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Tinjauan Ekonomi Syariah Terhadap Penerapan Kualitas Pelayanan dalam meningkatkan jumlah pelanggan Pada Usaha Penggilingan Padi Sinar Abadi Di Desa Sikur Timur Kecamatan V Koto Kampung Dalam Sumatera Barat

Nurhaslawati, - (2019) Tinjauan Ekonomi Syariah Terhadap Penerapan Kualitas Pelayanan dalam meningkatkan jumlah pelanggan Pada Usaha Penggilingan Padi Sinar Abadi Di Desa Sikur Timur Kecamatan V Koto Kampung Dalam Sumatera Barat. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan, Gilingan Padi Sinar Abadi di Desa Sikur Timur Kecamatan V Koto Kampung Dalam Sumatera Barat, sebagai usaha yang bergerak dibidang jasa pihak gilingan padi Sinar Abadi terlihat pelayanannya sudah baik. Namun fenomena yang didapat bahwa jumlah pelanggan pada gilingan padi Sinar Abadi di Desa Sikur Timur Kecamatan V Koto Kampung Dalam, mengalami penurunan dari tahun ketahun. Untuk rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan kualitas pelayanan dalam meningkatkan jumlah pelanggan pada usaha penggilingan padi Sinar Abadi di Desa Sikucur Timur Kecamatan V Koto Kampung Dalam Sumatera Barat dan bagaimana tinjauan Ekonomi syariah terhadap Penerapan kualitas pelayanan dalam meningkatkan jumlah pelanggan pada usaha penggilingan padi Sinar Abadi di Desa Sikucur Timur Kecamatan V Koto Kampung Dalam Sumatera Barat. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini pemilik dan pelanggan, pemilik berjumlah 1 orang dan pelanggan sebanyak 34 orang. Metode yang digunakan dalam menghitung sampel yaitu accsidental sampling, siapa saja yang peneliti temui disaat kegiatan pengumpulan data dan orang tersebut dipandang cocok sebagai narasumber data. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis dengan metode analisa deskriptif kualitatif yaitu setelah semua data yang berhasil dikumpulkan, maka penulis menjelaskannya secara rinci dan sistematis sehingga dapat tergambar secara utuh dan dapat dipahami secara jelas kesimpulan akhirnya. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa penerapan kualitas pelayanan pada gilingan padi Sinar Abadi dalam meningkatkan jumlah pelanggan secara umum telah memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan diantaranya, ramah tamah dan keinginan tolong menolong, cepat tanggap mengatasi masalah, serius dalam memberikan pelaynan, sopan santun, bertanggung jawab dan tidak pilih kasih. Dalam Ekonomi Syariah memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan adalah suatu kewajiban. Dalam penelitian ini pihak gilingan padi sinar abadi telah memberikan yang terbaik, namun ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan lagi yaitu pelayanan yang cepat dan tepat dan kebersihan tempat gilingan padi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 Nov 2019 08:02
Last Modified: 22 Nov 2019 08:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22740

Actions (login required)

View Item View Item